Masuki Tahun 2021, Ketua BKN Sidoarjo: Pemajuan Kebudayaan Nasional Harus Terus Ditingkatkan

Masuki Tahun 2021, Ketua BKN Sidoarjo: Pemajuan Kebudayaan Nasional Harus Terus Ditingkatkan Ketua BKN (Badan Kebudayaan Nasional) Sidoarjo Senadi Harjo. (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Upaya meningkatkan ketahanan budaya Indonesia dan kontribusinya di tengah peradaban dunia melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan harus terus dilakukan. Hal ini diungkapkan oleh Ketua BKN (Badan Kebudayaan Nasional) Sidoarjo Senadi Harjo saat ditemui di kediamannya, Sabtu (2/1/2021).

Menurutnya, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan telah mengamanatkan penguatan nasional Indonesia. Untuk mewujudkan itu, diperlukan langkah strategis melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaulat secara politik, ekonomi, dan berkepribadian dalam .

Senadi menjelaskan, ada beberapa sendi dalam menjaga nasional. Pertama, yakni pelindungan, merupakan upaya menjaga keberlanjutan yang dilakukan dengan cara inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan, penyelamatan, dan publikasi.

Kedua, pengembangan, yaitu upaya menghidupkan ekosistem serta meningkatkan, memperkaya, dan menyebarluaskan .

Ketiga, pemanfaatan, yaitu upaya pendayagunaan objek pemajuan untuk menguatkan ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan dalam mewujudkan tujuan nasional.

Keempat, pembinaan, yaitu upaya pemberdayaan sumber daya manusia , lembaga , dan pranata dalam meningkatkan dan memperluas peran aktif dan inisiatif masyarakat.

Kelima, objek pemajuan , yaitu unsur yang menjadi sasaran utama pemajuan yang meliputi tradisi, manuskrip, adat istiadat, situs, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga nasional.

"Dengan berasaskan toleransi, keberagaman, kelokalan, lintas wilayah, kebebasan berekspresi, dan gotong royong," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, mewakili BKN Sidoarjo, Senadi Harjo juga menyampaikan Selamat Natal dan Tahun Baru 2021. "Dan semoga kita bisa menjadi lebih beradab dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi lebih bermanfaat bagi sesama," ujarnya. (din/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO