Kenalkan Batik Khas, Sidoarjo Gelar Pemilihan Duta Batik

Kenalkan Batik Khas, Sidoarjo Gelar Pemilihan Duta Batik AUDIENSI: Bupati Saiful Ilah berdialog terkait rencana Pemilihan Duta Batik Sidoarjo, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (1/4). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo bakal menggelar Pemilihan Duta Batik Sidoarjo. Event ini untuk mempromosikan batik khas Sidoarjo. Seleksi peserta dimulai pada 13 April 2019.

Untuk finalnya, digelar bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April 2019 di Transmart Sidoarjo. Pemilihan Duta Batik Sidoarjo ini memperebutkan Piala Bupati Sidoarjo.

Rencana event ini terungkap saat digelar pertemuan antara Diamond Manajemen Bandung, penggagas acara, dengan Bupati Saiful Ilah, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (1/4) sore kemarin.

Perwakilan Diamond Manajemen, Teuku Darmawan menjelaskan, pemilihan Duta Batik Sidoarjo akan dibagi menjadi tiga kategori. Yakni kategori anak-anak, remaja, dan dewasa. Pesertanya wajib memakai batik Sidoarjo.

Selain juri para pakar batik Sidoarjo, pihaknya juga mendatangkan duta batik Indonesia sebagai jurinya. Selain itu pihaknya juga menggandeng Disporapar Sidoarjo serta Dekranasda Sidoarjo untuk penilaian.

"Event pemilihan Duta Batik Sidoarjo akan diisi dengan edukasi tentang batik. Pelatihan batik juga akan digelarnya dalam event itu," ungkapnya.

Bupati Saiful Ilah menyambut baik rencana kegiatan itu. Menurutnya, kerajinan batik sudah lama ada di Sidoarjo. Perajin batik Sidoarjo cukup banyak. Bupati menganggap batik Sidoarjo berbeda dengan batik daerah lain. Tidak hanya dari motifnya tapi juga dari kualitas batik itu sendiri.

"Kami mengakui batik Sidoarjo belum cukup dikenal seperti batik daerah lain. Oleh karenanya, kami berharap melalui even seperti ini batik Sidoarjo akan lebih dikenal masyarakat luas," tegasnya.

Sedangkan Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Sidoarjo, Benny Airlangga menegaskan Kabupaten Sidoarjo memang belum memiliki duta batik. Oleh karenanya, sangat tepat event kali ini diselenggarakan. Benny meminta motif batik juga ikut dilombakan dalam event itu. Hal ini agar ada kebanggaan bagi pengerajin batik terhadap karyanya.

"Dengan penghargaan itu diharapkan memotivasi pengrajin batik di Sidoarjo untuk berkreasi menciptakan berbagai motif batik Sidoarjo. Dengan begitu akan ada banyak pilihan motif batik Sidoarjo yang dapat dinikmati masyarakat," beber Benny. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO