Selasa, 22 Oktober 2019 16:46

Kenalkan Batik Khas, Sidoarjo Gelar Pemilihan Duta Batik

Selasa, 02 April 2019 13:52 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Mustain
Kenalkan Batik Khas, Sidoarjo Gelar Pemilihan Duta Batik
AUDIENSI: Bupati Saiful Ilah berdialog terkait rencana Pemilihan Duta Batik Sidoarjo, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (1/4). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo bakal menggelar Pemilihan Duta Batik Sidoarjo. Event ini untuk mempromosikan batik khas Sidoarjo. Seleksi peserta dimulai pada 13 April 2019.

Untuk finalnya, digelar bertepatan dengan Hari Kartini pada 21 April 2019 di Transmart Sidoarjo. Pemilihan Duta Batik Sidoarjo ini memperebutkan Piala Bupati Sidoarjo.

Rencana event ini terungkap saat digelar pertemuan antara Diamond Manajemen Bandung, penggagas acara, dengan Bupati Saiful Ilah, di Pendopo Delta Wibawa, Senin (1/4) sore kemarin.

Perwakilan Diamond Manajemen, Teuku Darmawan menjelaskan, pemilihan Duta Batik Sidoarjo akan dibagi menjadi tiga kategori. Yakni kategori anak-anak, remaja, dan dewasa. Pesertanya wajib memakai batik Sidoarjo.

Selain juri para pakar batik Sidoarjo, pihaknya juga mendatangkan duta batik Indonesia sebagai jurinya. Selain itu pihaknya juga menggandeng Disporapar Sidoarjo serta Dekranasda Sidoarjo untuk penilaian.

"Event pemilihan Duta Batik Sidoarjo akan diisi dengan edukasi tentang batik. Pelatihan batik juga akan digelarnya dalam event itu," ungkapnya.

Bupati Saiful Ilah menyambut baik rencana kegiatan itu. Menurutnya, kerajinan batik sudah lama ada di Sidoarjo. Perajin batik Sidoarjo cukup banyak. Bupati menganggap batik Sidoarjo berbeda dengan batik daerah lain. Tidak hanya dari motifnya tapi juga dari kualitas batik itu sendiri.

"Kami mengakui batik Sidoarjo belum cukup dikenal seperti batik daerah lain. Oleh karenanya, kami berharap melalui even seperti ini batik Sidoarjo akan lebih dikenal masyarakat luas," tegasnya.

Sedangkan Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Sidoarjo, Benny Airlangga menegaskan Kabupaten Sidoarjo memang belum memiliki duta batik. Oleh karenanya, sangat tepat event kali ini diselenggarakan. Benny meminta motif batik juga ikut dilombakan dalam event itu. Hal ini agar ada kebanggaan bagi pengerajin batik terhadap karyanya.

"Dengan penghargaan itu diharapkan memotivasi pengrajin batik di Sidoarjo untuk berkreasi menciptakan berbagai motif batik Sidoarjo. Dengan begitu akan ada banyak pilihan motif batik Sidoarjo yang dapat dinikmati masyarakat," beber Benny. (sta/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Senin, 21 Oktober 2019 20:30 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur bergerak cepat membantu mengatasi dampak bencana alam akibat angin kencang yang melanda desa sumberbrantas kota Batu, Sabtu malam (19/10). Selain menyalurkan bantuan, Pemprov Jatim support ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Senin, 21 Oktober 2019 12:15 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...