Kamis, 24 Juni 2021 19:34

​Wisata Alaska Kediri Ditutup hingga Batas yang Belum Ditentukan

Sabtu, 02 Januari 2021 09:33 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
​Wisata Alaska Kediri Ditutup hingga Batas yang Belum Ditentukan
Heri DK anggota ARPLH saat ikut menandatangani surat pernyataan sebagai saksi, disaksikan oleh dari kiri - Hery Susanto (perangkat desa), Sarno (Kades Tempurejo), dan Isnadi Luksetiyawan (Ketua BPD). foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah berseteru dengan para aktivis lingkungan, Wisata Alam Alaska (Alas Karetan) yang menempati Kawasan Lindung Sumber Pawon, Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, akhirnya ditutup dari segala kegiatan wisata dan perdagangan. Penutupan berlaku mulai hari ini, Sabtu (2/1/2021), sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

Penutupan Wisata Alam Alaska yang sedang viral di dunia maya tersebut memang bukan karena ada pandemi Covid-19 seperti tempat wisata lainnya di Kabupaten Kediri, tapi karena atas desakan para aktivis lingkungan di Kediri. Para aktivis resah dan gelisah atas rusaknya lingkungan di Kawasan Lindung Sumber Pawon yang beralih fungsi menjadi tempat wisata dengan mengorbankan lingkungan.

Heri DK, Koordinator 1 Komunitas Oleng-Oleng menjelaskan, wisata Alam Alaska yang berada di Kawasan Lindung Sumber Pawon mulai dibangun pada pertengahan tahun 2019 lalu. Dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, Alam Alaska sudah dikenal dan banyak didatangi pengunjung.

"Sebenarnya kami tidak mempermasalahkan jika Kawasan Lindung Sumber Pawon dijadikan tempat wisata. Yang kami permasalahkan adalah rusaknya lingkungan akibat penebangan pohon di kawasan lindung tersebut," kata Heri yang juga anggota Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) Kediri Raya.

BACA JUGA : 

Ada Agenda Mendadak, Bupati Kediri Batal Hadiri ​Peresmian Aplikasi Smart Connect di Badalpandean

42 PMI Kota Kediri Pulang, Kelurahan Betet Siapkan Tempat Isolasi Khusus

Dapat Banyak Laporan Masyarakat, Mas Bup Dhito Larang Pungli di Objek Wisata Kediri

Launching Kampung Tangguh Bersinar, Kapolres Kediri Janjikan Reward Bagi Pelapor Peredaran Narkoba

Menurut Heri, rusaknya lingkungan di Kawasan Lindung Sumber Pawon juga dikarenakan banyaknya pedagang yang menempati kawasan lindung yang dengan seenaknya menebangi pohon untuk mendirikan warung tempat berjualan.

"Maka dari itu, satu-satunya jalan untuk menyelamatkan lingkungan di Kawasan Lindung Sumber Pawon adalah dilakukan penanaman pohon penghijauan, agar fungsi kawasan lindung kembali ke keadaan semula. Untuk itu, semua pedagang harus direlokasi keluar dari kawasan lindung," tegas Heri.

Atas desakan para aktivis lingkungan yang tergabung dalam ARPLH itulah, Pemerintah Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, akhirnya bersedia menutup dan menghentikan operasional Wisata Alam Alaska.

Kesediaan Pemdes Tempurejo untuk menutup sementara operasional Wisata Alam Alaska tersebut dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani langsung oleh Kepala Desa Tempurejo, Sarno dan Ketua BPD Tempurejo, Isnadi Luksetiyawan.

"Dengan mempertimbangkan kelestarian Kawasan Lindung Sumber Pawon, Pemerintah Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, menyetujui adanya pembenahan (relokasi pedagang Wisata Alam Alaska). Untuk itu, mulai tanggal 2 Januari 2021, Wisata Alam Alaska dinonaktifkan dari kepariwisataan, kegiatan perdagangan. Aktivitas pariwisata ditutup/dihentikan, diadakan reboisasi dalam waktu secepatnya," kata Sarno usai menandatangani surat pernyataan, Jumat (1/1) malam.

Surat pernyataan tertanggal 1 Januari 2021 yang ditandatangani oleh Sarno dan Isnadi Luksetiyawan tersebut juga ditandatangani oleh Heri DK (relawan) dan Dwi Kartika (pedagang) sebagai saksi. (uji/ns)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...