Kamis, 13 Mei 2021 06:16

GP Ansor dan Aice Distribusikan 150 Ribu Masker Medis untuk Daerah Bencana Semeru Rentan Covid-19

Selasa, 22 Desember 2020 18:54 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Imron Ghozali
GP Ansor dan Aice Distribusikan 150 Ribu Masker Medis untuk Daerah Bencana Semeru Rentan Covid-19
Bupati Lumajang Thoriqul Haq menerima distribusi masker medis dari GP Ansor yang bekerja sama dengan perusahaan es krim Aice. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama perusahaan eskrim Aice mendistribusikan 150 ribu alat pelindung diri (APD) berupa masker medis kepada warga terdampak letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Pendistribusian itu bersamaan dengan Peluncuran 5 Juta Masker Medis untuk 20 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang digelar di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Selasa (22/12/2020).

Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang hadir dalam acara tersebut menjelaskan, meski kondisi bencana meletusnya Gunung Semeru yang menimpa sudah mulai mereda, namun ancaman lahar dingin masih ada. Bahkan menurutnya, potensi penyebaran virus Covid-19 di masyarakat yang rentan terhadap penularan juga tidak kalah berbahayanya.

“Penerapan 3M itu adalah kunci dalam menghindari penularan corona dan kedisiplinan memakai masker jadi bagian pentingnya. Kami menilai langkah distribusi masker medis yang bagus dari GP Ansor dan Aice ini menjadi inspirasi kuat buat Lumajang untuk bahu-membahu menangani cobaan pandemi sekaligus letusan Semeru yang kemarin terjadi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PP GP Ansor Mohammad Haerul Amri menyatakan bahwa gerakan kemanusiaan yang dibangunnya bersama produsen Aice Group sejak awal pandemi adalah gabungan dari kekuatan kerja sama, dukungan logistik masker berkualitas, dan pembangunan aspek psikologis dari rakyat. Tiga elemen tersebut diyakininya akan menjadi imunitas melawan pandemi dan berbagai cobaan lain yang ada dalam kehidupan saat ini.

BACA JUGA : 

Gempa Rusak 428 Rumah, Warga di Lumajang Mulai Bersihkan Puing Reruntuhan

Pemkab Lumajang Minta Pihak Swasta Beri Jaminan Sosial Bagi Tenaga Kerja

Dukung Pariwisata Lumajang, Bank Jatim Serahkan 5 Set Tenda Glamping kepada Pemkab

Maksimalkan Pelayanan Publik, Pemkab Lumajang Bakal Bangun MPP

"Lumajang menjadi bagian penting di kampanye 5 juta masker medis yang kami jalankan bersama di 20 kota. Cobaan ganda corona dan Semeru di Lumajang menjadi fokus bagi kami untuk segera menurunkan bantuan. Kami ingin meringankan beban berat masyarakat. Insya Allah dengan kerja sama dan sokongan logistik masker medis yang cukup dari Aice, misi ini akan mampu memperbaiki keadaan,” kata Gus Amri-sapaannya.

Seperti diketahui, setelah meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, aktivitas pengungsian yang terjadi di sekitar Gunung Semeru menyebabkan adanya kebutuhan lebih tinggi atas masker medis yang berkualitas. Keterbatasan akses tersebut, ditambahi dengan adanya warga berusia lanjut yang mengungsi menyebabkan kebutuhan lebih besar atas masker sekali pakai yang berkualitas.

Brand Manager Aice Group Sylvana mengatakan, Lumajang menjadi wilayah ke-11 dari 20 kota yang menerima distribusi masker medis SHIELD. Sejak Oktober lalu gerakan pentahelix ini menyambangi Jakarta, Cirebon, Rembang, Yogyakarta, Semarang, Batang, Bogor, Ambon, Surabaya, dan Malang.

Menurutnya, dua puluh kabupaten dan kota yang tersebar di Indonesia tersebut menjadi wilayah sasaran utama kampanye ini. Gerakan ini mengombinasikan kebijakan pemerintah dengan keterlibatan lima kelompok pemangku kepentingan utama.

Sylvana melanjutkan, gerakan dengan membagikan jutaan masker medis berkualitas ke masyarakat rentan penularan ini bukan hanya untuk korban bencana Semeru, di Lumajang, masker didistribusikan juga ke para petugas kebersihan, perwakilan tenaga kesehatan, siswa, santri, mahasiswa, dan berbagai elemen masyarakat lain.

“Kami melanjutkan kerja sama Aice dan GP Ansor dengan berbagai elemen pemerintahan, masyarakat, dan media massa dalam memperkuat masyarakat menghadapi pandemi ini. Kali ini kami menyentuh berbagai kalangan masyarakat bawah yang rentan penularan. Kerawanan pandemi sekaligus dampak meletusnya Gunung Semeru ke Lumajang saat ini, memanggil kami dan berbagai elemen masyarakat untuk datang dan ikut mendukung langkah penanganan yang dilakukan Pemerintah Daerah Lumajang," pungkasnya. (ron/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...