Senin, 01 Maret 2021 07:22

​Ekranova, Dorong Pelaku UMKM Bangkit di Masa Pandemi Hingga Tembus Pasar Ekspor

Senin, 21 Desember 2020 21:23 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Nanang Fachrurozi
​Ekranova, Dorong Pelaku UMKM Bangkit di Masa Pandemi Hingga Tembus Pasar Ekspor
Surabaya Suites Hotel, FGD bersama kulinerjatim.com dan bangsaonline.com sebagai media partner saat menggelar event Ekranova 2020.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Surabaya Suites Hotel, FGD bersama kulinerjatim.com dan bangsaonline.com sebagai media partner kembali menggelar event Ekranova 2020.

Event bertajuk "UMKM Mendunia, Keluarga Sejahtera" yang berlangsung di Surabaya Suites Hotel, pada Sabtu (19/12/20) tersebut, diikuti sekitar 20 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Event yang rutin digelar setiap bulan tersebut telah menjadi salah satu barometer bagi para pelaku UMKM di Surabaya dan Jawa Timur, untuk menjangkau pasar yang lebih luas, selain untuk menambah jejaring, review produk, hingga pengetahuan melalui kelas pengembangan.

General Manager Surabaya Suites Hotel, Firman S Permana mengatakan, sektor UMKM menjadi salah satu yang terkena dampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Ekranova ini merupakan upaya untuk ikut membantu pelaku UMKM kembali bangkit.

Menurutnya, pengembangan produk UMKM tak bisa hanya menggantungkan pemerintah semata. Semua pihak, termasuk swasta dan lembaga non pemerintah harus sama-sama ikut berperan aktif, mengingat produk UMKM lokal memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

"Kegiatan ini adalah kolaborasi kami pihak hotel sebagai bagian dari program CSR (corporate social responsibility) kami dengan sejumlah pihak, seperti komunitas pegiat UKM dan kuliner," ujar Firman di sela acara.

Kegiatan yang berlangsung rutin setiap bulan tersebut bahkan bakal berlanjut di tahun 2021, namun dengan tema dan pengembangan yang lebih luas, yakni mengarah ke sektor industri kreatif.

Karena masih dalam masa pandemi, pihaknya sangat memerhatikan protokol kesehatan selama gelaran Ekranova 2020. Sehingga, pihaknya harus mengatur kapasitas ruang dan jumlah pengunjung.

Dalam kesempatan itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) atau BRI juga mendukung kegiatan Ekranova 2020 dengan menyosialisasikan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro dan program pembiayaan lain untuk UMKM.

Kepala Unit BRI Pasar Atom Surabaya, Hendry mengatakan, sebagai salah satu bank BUMN, BRI berkomitmen untuk ikut pengembangan sektor mikro di seluruh Indonesia.

Dikatakannya, KUR Super Mikro sendiri ditujukan untuk masyarakat yang belum pernah mendapatkan KUR dan tidak sedang menikmati pinjaman komersial. KUR Super Mikro juga diprioritaskan untuk pekerja yang terkena PHK dan Ibu Rumah Tangga (IRT) yang memiliki usaha. KUR Super Mikro diberikan kepada penerima dengan plafon maksimal Rp 10 juta untuk setiap Penerima KUR.

"Jadi bagi pelaku UMKM yang membutuhkan mudal kerja untuk pengembangan usaha, silakan mengajukan pembiayaan ke kami, baik secara langsung di kantor-kantor terdekat atau melalui online, tim kami akan siap melayani," ujarnya.

Dalam Ekranova 2020 "UMKM Mendunia, Keluarga Sejahtera" tersebut, selain digelar talkshow, juga tiga kelas pengembangan dengan tema menembus pasar ekspor bagi produk UMKM, desain produk, serta digital payment.

Salah satu peserta, Ria Rahman mengaku senang bisa ikut serta dalam kegiatan tersebut. Baginya, selain memberikan wadah untuk memasarkan dan mengenalkan produknya yakni Pastel Prull Surabaya kepada pengunjung, dia juga mendapatkan banyak manfaat.

"Selain ada review produk sehingga kami tahu ke depannya bagaimana, juga kami mendapatkan banyak pengetahuan dari adanya kelas-kelas pengembangan," pungkasnya. (nf/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...