Selasa, 19 Januari 2021 11:37

​PWI Tuban Beri Materi Jurnalistik untuk Kaum Milenial

Jumat, 18 Desember 2020 18:51 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​PWI Tuban Beri Materi Jurnalistik untuk Kaum Milenial
PWI Kabupaten Tuban menggelar kegiatan jurnalistik untuk kaum milenial.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban menggelar kegiatan jurnalistik untuk kaum milenial dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 bertempat di Votel Charis, Jumat (18/12/20).

Sesuai temanya, kegiatan jurnalistik tersebut mayoritas diikuti pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus di Kabupaten Tuban. Namun, karena Tuban zona merah, sehingga jumlah peserta pelatihan dibatasi untuk mencegah kerumunan. Peserta juga wajib memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan pakai sabun sebelum acara dimulai.

"Kegiatan sedekah ilmu ini rutin digelar setiap hari Jumat yang diikuti para kaum milenial," ujar Ketua PWI Kabupaten Tuban, Pipiet Wibawanto.

Kata dia, PWI selalu men-support kegiatan sosial yang dilakukan Votel Charis dengan menggelar kegiatan jurnalistik. Kegiatan yang dilaksanakan setiap Jumat ini sangat tepat untuk berbagi ilmu kepada peserta. Harapannya, giat ini dapat menumbuhkan minat jurnalistik kepada para anak muda.

"Kegiatan ini penting karena siapa nanti yang akan menyajikan berita jika yang sudah tua-tua ini sudah pensiun," harapnya.

Sementara itu, Pemateri Mochamad Sudarsono menyampaikan, kegiatan ini bertujuan mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk memahami produk jurnalistik. Mulai bagaimana mengangkat fakta yang ada dan tidak diketahui oleh banyak masyarakat.

"Alhamdulillah para peserta juga antusias, meski dengan keterbatasan kehadiran karena menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19," bebernya.

Seorang peserta, Nina Resita mengaku senang mengikuti pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan PWI Tuban. Melalui pelatihan tersebut, ia menjadi tahu mana berita yang benar dan hoax. Sehingga, masyarakat bisa mengidentifikasi kebenaran berita tersebut.

"Terima kasih atas materinya, karena kami sebelumnya juga belum tahu bagaimana membedakan hoax dan berita yang benar," ungkapnya. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...