Polres Pasuruan Bongkar Sindikat Pemalsuan Benih Jagung: 3 Tersangka Dibekuk, 1 Orang Buron

Polres Pasuruan Bongkar Sindikat Pemalsuan Benih Jagung: 3 Tersangka Dibekuk, 1 Orang Buron Kapolres Pasurun AKBP Rofiq Ripto Himawan didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Harris dan Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Provinsi Jawa Timur menunjukkan barang bukti.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Satreskrim Polres Pasuruan mengungkap peredaran benih palsu bermerk Bisi-18 senilai Rp 7 Miliar, Minggu (13/12/2020).

Dari pengungkapan itu, polisi membekuk tiga tersangka yaitu Ahmad Saeroji (36), warga Desa Paleran, Kecamatan Umbulsari, Kabupaten Jember; M Shoqibul Izar (32), warga Desa/Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk; dan Indra Irawan (34), warga Desa Balonggebang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk.

"Ketiga tersangka ini kami tangkap karena menjual bibit palsu. Selain membuat para petani Pasuruan merugi dengan hasil panen yang jelek, perusahaan pemegang merek juga merugi sekitar Rp 7 Miliar atas kasus.kejahatan ini," jelas Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan.

Dia menyebut, para petani Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan yang jadi korban dalam kasus ini.

Para petani komplain atas buruknya hasil panen dan membuat pemegang merk benih Bisi-18 melakukan pengecekan. Hasilnya, benih tersebut ternyata diketahui palsu.

Polisi yang mendapat laporan itu kemudian melakukan penyelidikan dan berhasil mengungkap jaringan tersebut.

"Kelompok ini sudah mengedarkan benih palsu di kota-kota Jawa Timur, sampai ke Kabupaten Dompu NTB. Totalnya sudah 75 ton benih yang sudah beredar," ujarnya.

Yang membuat para petani dan pemilik kios pertanian tergiur, bibit palsu ini dijual lebih murah dari merk Bisi-18 yang asli. Selisihnya hingga separuh harga.

(Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan didampingi Wakapolres Kompol Muhammad Harris beserta perwakilan PT. BISI INTERNASIONAL dan Pengawas Benih Tanaman dari UPT PSBTPH Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Prov. Jatim saat meninjau barang bukti benih yang dipalsu saat diamankan di Mapolres Pasuruan)

Lihat juga video 'Rumah Dua Pengedar Sabu di Pasuruan Digerebek Polisi, Satu di antaranya Menangis Histeris':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO