Inilah 10 Menteri yang Punya Nilai Tinggi dalam Blusukan

Inilah 10 Menteri yang Punya Nilai Tinggi dalam Blusukan Menaker Hanif Dhakiri saat blusukan atau sidak penampungan TKI Ilegal di Jakarta. Foto: tribunnews.com

BangsaOnline-Gaya kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang turun ke lapangan alias blusukan ditiru anggota Kabinet Kerja. Pasca dilantik, sejumlah menteri baru itu, langsung melakukan gebrakan dengan blusukan.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang, mengatakan, sejak 23 Oktober 2014 hingga 6 Februari 2015 kinerja dan aksi blusukan Kabinet Kerja Jokowi-JK mendapat perhatian dari media massa di Indonesia.

Ada sekitar 2.754 pemberitaan mengenai aksi blusukan menteri Kabinet Jokowi JK, yang dimuat 343 media di seluruh Indonesia, baik nasional maupun lokal. I2 adalah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software Artificial Intelligence (AI).

menteri, lengkap dengan berbagai cara, seperti lompat pagar, memperoleh sorotan tajam di media hingga 44,7 persen atau 2.754 berita dari total 6.159 pemberitaan yang bertema blusukan.

Aktivitas ini menjelaskan bahwa para menteri terlihat perlu untuk melakukan sesuatu yang ekstravaganza atau di luar kebiasaan demi mendapat panggung di media.

Ada 10 nama menteri yang paling banyak diekspose dalam pemberitaan terkait blusukan,” ujar Rustika dalam keterangannya kepada pers (Sabtu, 7/2).

Data berasal dari pemberitaan 343 media online di seluruh Indonesia baik nasional maupun lokal, dan langsung dianalisis secara real time oleh mesin Intelligence Media Management (IMM) yang berbasis Artificial Intelligence.

Kesepuluh menteri yang aksi blusukannya paling terekspose media itu adalah Susi Pudjiastuti (246), Marwan Jafar (196), Ignasius Jonan (188), Yuddy Chrisnandi (178), Amran Sulaiman (167), Rachmat Gobel (147), Siti Nurbaya (123), Rini Soemarno (123), Hanif Dhakiri (111), dan Tjahjo Kumolo (97).

Dari 10 Menteri yang diekspos dalam pemberitaan tentang blusukan, Susi Pudjiastuti memiliki ekspos tertinggi, disusul oleh Marwan Jafar, dan Ignasius Jonan. Sejauh 3 nama tertinggi memiliki sentimen positif dari publik,” tandasnya.

Istilah blusukan, kata Rustika, mulai dipopulerkan saat Mendag masa Gita Wirjawan berkunjung ke Pasar Gede, Kota Solo. Namun, istilah blusukan mulai menjadi political brand Jokowi saat Pilgub DKI Jakarta pada 22 April 2012.

Pada September 2012 istilah blusukan semakin melekat dengan Jokowi. Pada bulan ini KPUD DKI Jakarta secara resmi mengumumkan Jokowi-Ahok sebagai Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta,” ungkapnya.

Sebenarnya, aksi blusukan sudah ada di zaman Presiden Soeharto dengan nama turun ke bawah (turba). Pada masa Reformasi berganti nama inspeksi mendadak (sidak). Belakangan muncul istilah blusukan,” tandasnya.

Berbeda dengan dua terma di atas yang berorientasi pada fungsi kontrol, blusukan lebih pada upaya melihat dan mendengarkan.

Sumber: rmol.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO