Dinkes dan Kepala Puskesmas Sidoarjo Sepakat Puskesmas Jadi BLU

Dinkes dan Kepala Puskesmas Sidoarjo Sepakat Puskesmas Jadi BLU Hearing antara DPRD Sidoaarjo, Dinkes, dan kepala puskesmas se-Sidoarjo. (Khumaidi/BangsaOnline)

SIDOARJO (BangsaOnline) - Rapat dengar pendapat atau hearing Komisi D DPRD Sidoarjo dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo dan kepala Se-Kabupaten Sidoarjo, akhirnya tercapai kesepakatan mayoritas di Sidoarjo siap menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Sebab, sudah ada kajian dan pendampingan kepada seluruh puskesmas oleh Dinkes.

“Dinkes sudah selesai melakukan pendampingan. Selanjutnya diajukan rekomendasi ke bupati melalui sekda untuk penetapan BLU,”ujar Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, H.Usman, Jum’at (6/02).

Ditambahkan, bupati akan membuat tim penilai, yang bertugas menilai layak atau tidaknya yang diajukan naik status menjadi BLU.

“Tetap saja yang memutuskan adalah bupati setelah melihat hasil penilaian tim,” tegas Usman.

Menurut Usman, status puskesmas menjadi BLU secara otomatis pelayanannya semakin meningkat. Selain itu, a bisa mandiri serta yang paling penting dan diharapkan, tersebut tidak berorientasi pada keuntungan semata.

“Dengan status BLU itu, tidak serta merta menghapus subsidi anggaran dari APBD,” tuaksnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO