Selasa, 19 Januari 2021 14:43

Pandemi, Donasi Digital Semakin Meningkat

Senin, 07 Desember 2020 15:15 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Pandemi, Donasi Digital Semakin Meningkat
Kegiatan webinar bertemakan Gopay Digital Donation Outlook 2020. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Selama pandemi Covid-19, donasi digital mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut diikuti dengan tren wajah-wajah baru donatur, yakni seperti anak sekolah. Hal ini dijelaskan dalam webinar bertemakan Gopay Digital Donation Outlook 2020, Senin (7/12/2020).

Menurut riset yang dilakukan Kopernik, ada dua motivasi pemberian donasi.Pertama, 57 persen donatur memberikan uangnya atas rasa sosial. Kedua, 38 persen atas rasa keagamaan.

Riset juga menjelaskan jika selama pandemi orang lebih suka digital, karena lebih praktis, simpel, dan tidak ribet dalam melakukan aktivitas seperti berbelanja, mencari keperluan sehari-hari, dan salah satunya berdonasi.

Associate Manager Kopernik Kevin Prathama menjelaskan, ada kenaikan donasi pada beberapa tahun terakhir. Untuk donasi lembaga amil naik dua kali lipat. Sementara untuk donasi platform naik 13 kali lipat.

"Kebanyakan mereka tahu tentang donasi ini dari postingan di medsos, aplikasi platform digital, dan sejenisnya," katanya.

Ditambahkan Co Founder dan CEO Kopernik Toshi Nakamura, ini berarti pengguna atau donatur semakin meningkat dan bertambah. Juga sebagai bukti semangat gotong royong masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Menurutnya, seiring dengan pencapaian peningkatan donasi, juga melihat saat ini tren donasi merambah ke anak sekolah. Kemungkinan mereka melihat di medsos atau patform dan mereka punya e-money yang akhirnya mendonasikan sebagian uangnya.

"Tren sudah bergeser, selain itu mindset donasi ratusan ribu mungkin sudah berganti. Dengan donasi digital sebagai upaya untuk menjawab tantangan di tengah pandemi," pungkas Toshi Nakamura.

Sementara itu, Managing Director Gopay Budi Gandasoebrata juga  menyatakan bila ada kenaikan donasi Gopay selama pandemi dibandingkan biasanya, yakni sebanyak dua kali lipat atau perolehan donasi lebih dari Rp 102 miliar periode Maret hingga Oktober 2020.

"Ini tidak lepas dari upaya kami dalam memberi edukasi, pelatihan, dan kolaborasi dengan dinas sosial dan dinas terkait lainnya untuk mendorong masyarakat dalam berdonasi secara digital. Apalagi kita berusaha memberikan transparansi," ujarnya.

Menurutnya, transparansi bisa terjaga karena semua tercatat dalam sistem. Pihaknya wajib memberikan transparansi catatan pada mitra dan pihak yang berkompeten.

"Segala macam inisiatif tercatat semuanya sehingga diharapkan menjadi nilai tambah untuk kepercayaan masyarakat pada Gopay terutama pada donatur," jelasnya. (diy/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...