Kamis, 13 Mei 2021 06:45

Amankan Pilkada Surabaya, Koti Mahatidana Pemuda Pancasila Turunkan 500 Personel

Minggu, 06 Desember 2020 23:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Amankan Pilkada Surabaya, Koti Mahatidana Pemuda Pancasila Turunkan 500 Personel
Apel Siaga Koti Mahatidana Pemuda Pancasila yang digelar di Mako Koti kawasan Gunungsari Surabaya, Minggu (6/12/2020).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pilkada Surabaya bakal digelar pada Rabu (9/12/2020). Agar perhelatan akbar tersebut berjalan dengan lancar, Komando Inti (Koti) Mahatidana Pemuda Pancasila Surabaya menurunkan 500 personel.

Komandan Koti Pemuda Pancasila Kota Surabaya, Wahyu Tri Hartanto mengatakan bahwa Pemuda Pancasila berkomitmen untuk mengawal dan memantau pelaksanaan pesta demokrasi di kota Surabaya.

"Langkah ini kami lakukan agar Surabaya tetap aman dan kondusif. Karena Surabaya ini kota yang cukup besar, cukup representatif. Dan warganya juga sangat majemuk," ujar Wahyu saat acara Apel Siaga Koti Mahatidana Pemuda Pancasila yang digelar di Mako Koti kawasan Gunungsari Surabaya, Minggu (6/12/2020).

Pengawalan ini menurutnya, penting dilakukan guna meminimalisir tindak pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada besok. 

BACA JUGA : 

Jaga Rasa Kekeluargaan, Pemuda Pancasila Dukuh Pakis Gelar Bukber Bersama Beralaskan Daun Pisang

PAC Pemuda Pancasila Dukuh Pakis Ajak Luminor Hotel Jemursari Berikan Santunan ke Panti Asuhan

​Bawaslu Kota Surabaya Serahkan Laporan Hasil Pengawasan Pilkada 2020 ke Pemkot dan DPRD

PAC Pemuda Pancasila Dukuh Pakis Bagikan Takjil di TMP Mayjen Sungkono dan Posko

Agar pengawalan maksimal dilakukan di seluruh Surabaya, Pemuda Pancasila juga akan melibatkan seluruh kader dan anggota yang tersebar di 31 kecamatan dan 154 kelurahan.

"Kader dan Anggota Pemuda Pancasila yang ber-KTA di Seluruh Surabaya sejumlah 37.000 anggota. Ini dari berbagai elemen yang ada dalam Pemuda Pancasila, di antaranya Koti, Srikandi, Satma, Koperasi, LPPH, Lembaga Buruh Pekerja, dan Lembaga Pengusaha. Mereka siap mengawal dan mengamankan pilkada besok," katanya.

Dalam kesempatan ini, Wahyu juga mengapresiasi upaya Polrestabes Surabaya menggelar sayembara penangkapan praktik politik uang saat masa tenang Pilkada Surabaya 2020 dengan memberi uang pembinaan pendidikan Rp 5 juta.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh kader Pemuda Pancasila untuk berpartisipasi dengan berkordinasi dan melapor ke Polrestabes Surabaya jika di sekitar lingkungannya terjadi praktik politik uang jelang pemungutan suara Pilkada Surabaya 2020.

Sekadar informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah menetapkan jumlah Daftar Pemilih pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya tahun 2020 sebanyak 2.089.027 orang, yang terdiri dari laki-laki 1.016.395 pemilih dan perempuan 1.072.632 pemilih. Mereka akan memilih di 5.184 TPS yang tersebar di seluruh Surabaya.

Jumlah TPS tersebut sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 6 tahun 2020 terkait pilkada dalam kondisi bencana nonalam Covid-19. Seperti halnya di dalam Pasal 21 Ayat 4 PKPU 6/2020, PerTPS hanya 500 warga pemilih. (nf/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...