Kamis, 21 Januari 2021 08:51

Wartawan Olahraga Otak Lewat Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu

Sabtu, 05 Desember 2020 16:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Wartawan Olahraga Otak Lewat Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu
Ketua KONI Kota Batu, Drs. Mahfud, saat membuka acara turnamen dengan melakukan langkah pertama bidak catur.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Batu menggelar olahraga silaturahim berupa turnamen catur, Sabtu 5 Desember 2020. Turnamen catur ini diikuti wartawan yang bertugas dan ada di Kota Batu bertempat di Kantor Siwo PWI, Jalan Hasanudin, Junrejo, Kota Batu.

Turnamen catur ini mempertandingkan sekitar 35 peserta yang merupakan kalangan wartawan menggunakan sistem Swiss. Mereka bertanding memperebutkan hadiah total jutaan rupiah yang disediakan Siwo PWI Kota Batu. Mereka yang berhak mendapatkan hadiah adalah juara pertama, kedua, dan tiga bersama.

"Turnamen catur kali ini khusus untuk wartawan. Mereka harus terbanding sungguh-sungguh sehingga menjadi juara dan berhak mendapatkan hadiah," ungkap Roy Mastur, Ketua Pelaksana Olahraga Silaturahim Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu.

Rencananya, Turnamen Catur Siwo PWI Kota Batu tersebut akan dibuka Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Namun orang nomor dua di Kota Batu itu berhalangan hadir. Akhirnya yang membuka acara yakni Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud. Hadir dalam acara ini beberapa pejabat dan pimpinan instansi negeri dan swasta di Kota Batu.

Dalam turnamen catur, panitia sudah mendatangkan juri atau wasit catur dari Percasi Kota Batu. Hal itu dilakukan agar pertandingan benar-benar dilakukan secara fair dan akan diperoleh juara yang benar-benar layak.

Bagi Siwo PWI, turnamen catur ini juga digunakan sebagai pencarian bibit yang nantinya bisa diikutkan dalam Porwanas (Pekan Olahraga Wartawan Nasional) 2021 yang berlangsung di Malang Raya. Selain itu, turnamen juga melihat potensi kemampuan catur di antara wartawan untuk ajang lainnya.

"Sebenarnya kita sudah merancang untuk kegiatan catur on the river. Rencana awal, pertandingan itu ada kelas khusus wartawan dan umum atau pelajar. Catur on the river juga ada sisi uniknya dan sisi pariwisata, demi mendukung Pemkot Batu dan KONI Kota Batu mewujudkan sports tourisme di Kota Batu. Namun karena pandemi Covid-19 melanda Indonesia, termasuk Kota Batu, kegiatan menjadi sangat terbatas," terang Mastur.

Catur, kata dia, merupakan olahraga otak. Olahraga jenis ini sangat cocok untuk para wartawan yang setiap hari bertugas liputan hingga mengolah data-data menjadi berita. Olahraga catur ini juga menjadi kegiatan refreshing bagi para wartawan Kota Batu yang setiap hari memiliki jadwal padat melakukan kegiatan jurnalistik.

"Selain itu, kegiatan seperti ini juga untuk ajang silaturahim antara wartawan dengan beberapa undangan, pejabat atau bahkan nara sumber," terang Bendahara Siwo PWI Kota Batu ini. (asa/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...