Bertemu Milenial Pecinta Lingkungan, BHS Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan

Bertemu Milenial Pecinta Lingkungan, BHS Tegaskan Komitmen Peduli Lingkungan DISKUSI: Cabup BHS saat dialog bareng milenial pecinta lingkungan, Senin (30/11/2020) sore. (foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Cabup Sidoarjo 2020 Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyatakan komitmen dan kepeduliannya terhadap lingkungan hidup. Hal itu disampaikan saat berdialog dengan puluhan milenial pecinta lingkungan di Kafe Cangkruk, Perum KNV Sidoarjo, Senin (30/11/2020) sore.

Dalam bincang santai itu, Politikus Partai Gerindra ini memaparkan sejumlah program pengelolaan lingkungan hidup saat diamanahi memimpin Sidoarjo. Misalnya, penanganan masalah sampah di Sidoarjo. BHS merencanakan sampah dikelola melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST).

Program TPST ini untuk mengatasi masalah penumpukan sampah di beberapa titik wilayah Sidoarjo. "Saya menginginkan sampah dijadikan peluang bukan sebagai masalah. Kami akan siapkan TPST dengan mesin conveyor pemilah sampah, di setiap kecamatan," ungkap BHS.

Melalui program TPST di setiap kecamatan, sampah 240 ton setiap hari di Sidoarjo, bisa diturunkan hingga 30 persen sehingga tidak terjadi penumpukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlocor Jabon. "Kalau 30 persen, tinggal 80 ton, sehingga penumpukan di TPA Tlocor menjadi berkurang," tandas BHS.

Masalah bencana luapan lumpur Sidoarjo juga menjadi perhatian BHS. Mantan Anggota DPR RI ini tidak mendukung rencana menjadikan kawasan luapan lumpur menjadi wisata geopark. Sebab, kawasan itu masih ada aktivitas bencana. "Jadi nggak bisa dipakai wisata," tegas cabup yang berpasangan dengan Cawabup M. Taufiqulbar ini.

Karena itu, kata BHS, pemerintah wajib menyiapkan standarisasi pengamanan bencana dengan Basarnas dan BNPB termasuk menyiapkan Early Warning System (EWS) sebagai evakuasi plan. Sekaligus disiapkan mitigasi bencananya. Meski begitu, BHS meminta masyarakat tidak khawatir, karena bencana luapan lumpur sudah cukup lama.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO