Jaga Kondusivitas Jelang Pilwali 2020, Pemkot Pasuruan Gelar Apel Stabilitas Wilayah

Jaga Kondusivitas Jelang Pilwali 2020, Pemkot Pasuruan Gelar Apel Stabilitas Wilayah Pjs. Wali Kota Pasuruan Dr. Ardo Sahak., S.E., M.M. saat memimpin apel.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan menggelar apel kegiatan fasilitasi stabilitas wilayah bertempat di halaman BKD Kota Pasuruan, Jumat (27/11/2020).

Apel dibuka oleh Pjs. Wali Kota Pasuruan Dr. Ardo Sahak., S.E., M.M. Hadir dalam apel ini, yakni jajaran forkopimda, pimpinan DPRD, Pj. Sekretaris Daerah, Plt. Kepala Bakesbangpol, Kepala OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan dan Anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kota Pasuruan.

Dalam arahannya selaku inspektur apel, Ardo Sahak mengajak seluruh pihak tidak lengah karena pandemi Covid-19 masih terjadi. Menurutnya, apel ini merupakan langkah awal guna mengantisipasi munculnya berbagai macam konflik sosial yang mengarah pada gangguan. 

"Kita mengetahui bersama, menjelang dilaksanakannya pesta demokrasi pada 9 desember 2020 mendatang, kondisi perpolitikan di Kota Pasuruan mulai menghangat. Oleh karena itu, kewaspadaan tinggi dalam menjaga dan meningkatkan stabilitas wilayah Kota Pasuruan mutlak diperlukan," kata Ardi.

Untuk menjaga kondusivitas Kota Pasuruan, kata Ardo Sahak, diperlukan sinergitas antar instansi, aparatur pemerintah, serta dukungan penuh dari masyarakat. Dengan kamtibmas yang kondusif, diharapkan terwujud pemilihan kepala daerah yang aman, damai, dan demokratis sehingga tidak muncul gejolak yang tidak inginkan.

Terkait dengan upaya penanganan konflik sosial ini, Ardo Sahak juga menekankan upaya pencegahan dengan melibatkan semua elemen masyarakat, seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat.

"Bangun sistem peringatan dini dengan memelihara hubungan baik,intensifkan komunikasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan elemen masyarakat lainnya, serta laporkan sesegera mungkin setiap persoalan yang muncul di masyarakat untuk segera mendapatkan penanganan," pesannya.

Apabila memang terjadi perselisihan, ia meminta diselesaikan secara damai dengan memberdayakan forum-forum yang sudah ada seperti musyawarah, urun rembuk, dan sebagainya. (par/rev)

(Anggota Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kota Pasuruan diberangkatkan patroli usai mengikuti apel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO