Rabu, 27 Januari 2021 23:46

Gubernur Khofifah Apresiasi Inovasi Teknologi Pembelajaran SMA Al Muslim Sidoarjo

Senin, 23 November 2020 23:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Gubernur Khofifah Apresiasi Inovasi Teknologi Pembelajaran SMA Al Muslim Sidoarjo
TINJAU: Gubernur Jatim saat meninjau stan SMA Al Muslim di pameran Inovasi Teknologi Pembelajaran, Senin (23/11). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Inovasi teknologi pembelajaran yang dikembangkan SMA Al Muslim Sidoarjo saat masa pandemi menyita perhatian sejumlah pihak, salah satunya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Hal itu terungkap saat inovasi tersebut dipamerkan di ajang pameran Inovasi Teknologi Pembelajaran yang digelar Dinas Pendidikan Jatim dan PGRI Jatim, di Islamic Center, Surabaya, Senin (23/11).

Pameran ini digelar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-75. SMA Al Muslim satu di antara sekolah swasta yang mengikuti pameran tersebut.

Di ajang pameran ini, SMA Al Muslim memajang berbagai karya guru dan sekolah. Di antaranya karya guru berupa buku, PTK, hand out, dan inovasi teknologi pembelajaran berupa video pembelajaran dan Learning Managemen System (LMS) dengan sebutan My Al Muslim.

Inovasi video pembelajaran dan program LMS My Al Muslim mendapat banyak perhatian dari pengunjung karena berbeda dengan sekolah-sekolah lainnya yang menjadi peserta pameran.

Inovasi video pembelajaran menyita perhatian karena menampilkan cara mengajar yang menyenangkan. Yakni mengajar diiringi visualisasi berkaitan dengan materi sehingga siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Sedangkan MLS My Al Muslim juga menyita perhatian sejumlah guru dan kepala sekolah yang mampir di stan SMA Al Muslim. Diketahui, MLS My Al Muslim ini sebuah terobosan Al Muslim dalam memudahkan siswa, guru, orang tua, dan civitas akademik untuk melaksanakan pembelajaran.

Orang tua bisa ikut mengontrol siswa melalui aplikasi android bernama Si Alim (Sistem Informasi Anak Al Muslim). Sedangkan guru dapat mengakses melalui aplikasi android Si Ruri (Sistem Informasi Guru Al Muslim).

Tidak hanya pengunjung dan para pendidik, Gubernur Khofifah mengapresiasi dan kagum terhadap teknologi pembelajaran yang dikembangkan oleh Al Muslim tersebut.

“Bagus teknologi pembelajarannya. Tolong ditingkatkan lagi. Kalau bisa juga dibagikan ke sekolah-sekolah lainnya," pinta Gubernur Khofifah saat meninjau stan SMA Al Muslim, di gedung Islamic Center, Surabaya.

Khofifah berharap agar SMA Al Muslim tidak berpuas diri, namun terus berinovasi mengembangkan teknologi pembelajaran sehingga membuat siswa lebih mudah melakukan pembelajaran. Dan ujungnya, bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim.

Ketua PGRI Jatim Teguh Sumarno juga mengapresiasi karya SMA Al Muslim tersebut. “Semoga ke depan, SMA Al Muslim juga menyiapkan siswa yang unggul dalam teknologi," cetusnya seraya berharap meski nanti pandemi usai, teknologi pembelajaran itu tetap bisa diterapkan. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...