Senin, 18 Januari 2021 14:08

​Relawan Gotong Royong Kediri Gelar Pelatihan Membuat Sabun bagi Disabilitas

Minggu, 22 November 2020 16:22 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Relawan Gotong Royong Kediri Gelar Pelatihan Membuat Sabun bagi Disabilitas
Dari kiri: Koordinator RGR Irma Yulianti, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kediri Diah Saktiana, dan Ketua Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri Umi Salamah. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Relawan Gotong Royong (RGR) Kediri Raya menggelar pelatihan untuk disabiltas yang tergabung dalam PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri). Pelatihan tersebut bertajuk RGR Share To Skill, Bakti Sosial Untuk Ekonomi Produktif. Pelatihan disabilitas membuat sabun cuci piring tersebut digelar di Pendopo Eks. Kawedanan Ngadiluwih, Minggu (22/11).

Irma Yulianti, Koordinator RGR menjelaskan bahwa pelatihan membuat sabun bagi disabilitas ini sengaja digelar di masa pandemi ini, karena kebanyakan mereka kehilangan penghasilan. Seperti yang dialami oleh saudara disabiltas yang berprofesi sebagai pemijat. Di masa pandemi ini, mereka tidak tidak bisa melakukan pekerjaannya.

"Begitu juga dengan yang berprofesi sebagai penjahit dan lainnya," terang Irma.

Sebelumnya, lanjut Irma, RGR sudah pernah membagikan sembako, masker, dan hand sanitizer, termasuk sabun cuci tangan. Namun kali ini, RGR mencoba memberikan yang lain, yaitu pelatihan membuat sabun cuci dengan harapan agar kawan-kawan nantinya bisa berusaha sendiri dengan memproduksi sabun cuci piring.

"RGR akan terus memantau perkembangannya setelah pelatihan ini. Bila dirasa masih perlu pendalaman, tentu kami akan membimbing kawan-kawan sampai benar-benar bisa membuat sendiri," imbuh Irma.

Ditambahkan oleh Irma, selain memberikan pelatihan ini, RGR juga memberi bahan-bahan pembuat sabun, termasuk peralatan seperti alat pengaduk dari kayu, dan timba dari plastik. "Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Kediri yang telah mendukung acara pelatihan ini," pungkas Irma.

Sedangkan Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Kediri Diah Saktiana, mewakili Kepala Dinsos Suharsono, mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan pelatihan membuat sabun cuci piring untuk disabilitas yang digagas oleh Relawan Gotong Royong.

Menurut Nana, demikian sapaan Kabid Rehabilitasi Sosial itu, dinas sosial selama ini juga sudah melakukan kegiatan yang dikhususkan untuk penyandang disabiltas di Kabupaten Kediri, lebih-lebih di masa pandemi ini.

"Mewakili Bapak Kepala Dinas Sosial, saya mengucapkan terima kasih kepada RGR yang telah menurunkan ilmu cara membuat sabun cuci piring kepada saudara kita penyandang disabilitas. Saya yakin, kegiatan ini pasti sangat bermanfaat untuk ke depannya," kata Nana.

Sementara itu, Umi Salamah, Ketua Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan RGR dengan memberi pelatihan cara membuat sabun cuci piring ini tentu sangat bermanfaat. Menurut Umi, di tahap pertama ini, pelatihan baru diikuti 20 orang perwakilan saja. Mengingat, pelatihan dilaksanakan di masa pandemi yang harus menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mewakili kawan-kawan disabilitas mengucapkan terima kasih kepada RGR dan Dinas Sosial Kabupaten Kediri yang telah membantu terlaksananya kegiatan pelatihan ini. Semoga setelah pelatihan ini, kami bisa mempraktikkan di rumah dan bisa dijual sehingga menghasilkan uang," harap Umi. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...