Sabtu, 28 November 2020 02:59

​1.884 Guru Madrasah di Tuban Diasesmen

Kamis, 19 November 2020 18:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​1.884 Guru Madrasah di Tuban Diasesmen
Kegiatan asesmen guru madrasah di Kabupaten Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.884 guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban mendapatkan asesmen kompetensi, Kamis (19/11).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, kegiatan asesmen itu dilaksanakan selama tiga hari. Dimulai dari tanggal 19 hingga 21 November 2020 yang tersebar di 5 lokasi.

Kelima lokasi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) tersebut yakni, MAN 1 Tuban, MTsN 1 Tuban. MAN 2 Tuban, MTsN 2 Tuban, dan MTs lslamiyah Banat Senori. Asesmen ini untuk mengetahui tingkat dan gambaran informasi umum kompetensi sesuai standar yang telah ditetapkan.

"Asesmen penting untuk memetakan sebaran dan kompetensi sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pembinaan dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)," bebernya.

Sementara itu, Plt. Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Tuban, Hadi Sarjono menambahkan, giat asesmen kompetensi diikuti semua guru, kepala, dan pengawas madrasah pada semua jenjang. Mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang memenuhi persyaratan.

Persyaratan tersebut di antaranya guru madrasah yang masih aktif mengajar dan memiliki NPK atau Nomor Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama.

"Mereka harus ikut asesmen ini karena diharapkan menjadi penentu kualitas penyelenggaraan pembelajaran di madrasah. Sebab, hasil asesmen ini akan menjadi dasar kebijakan kemenag," urai Sahid.

Sementara itu, peserta kompetensi wajib mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan COVID-19. Dengan memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan menggunakan sarung tangan. Peserta yang memiliki suhu badan di atas 38 derajat celcius tidak diperkenankan masuk ruangan. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...