Paritrana Awards, ​BP Jamsostek Imbau Pemda Dukung Penuh Implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Paritrana Awards, ​BP Jamsostek Imbau Pemda Dukung Penuh Implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak 3 tahun yang lalu, pemerintah pusat telah memberikan penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan yang disebut Paritrana Awards kepada pemerintah provinsi, kabupaten/kota, perusahaan besar, perusahaan menengah dan usaha kecil mikro.

Tahun ini, Paritrana Awards akan kembali digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang sepanjang tahun 2020 mendukung penuh implementasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing.

Adapun kategori yang diberikan, sama dengan periode penganugerahan pada tahun sebelumnya dengan melibatkan tim penilai yang merupakan perwakilan dari pemerintah, ahli jaminan sosial, ahli kebijakan publik, ahli pemberdayaan masyarakat, unsur pengusaha, unsur serikat pekerja, dan .

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis mengatakan, pihaknya mengimbau agar pemerintah daerah mendukung penuh implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Ia juga mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan perusahaan peserta yang telah berhasil meraih Paritrana Awards pada tahun sebelumnya dan berharap dapat mempertahankan gelar yang sudah diterima.

“Proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap dan nantinya akan dilakukan wawancara bagi kandidat yang dinyatakan lolos pada seleksi penyisihan. Pada tahun ini kriteria penilaian ditambahkan indikator perlindungan relawan Covid-19 sebagai bagian perlindungan pekerja rentan," jelasnya, Selasa (17/11/2020).

Ia menegaskan, jumlah partisipasi kandidat penerima Paritrana Awards selalu meningkat. Pada 2019 saja jumlah total tercatat sebanyak 365 kandidat.

"Semoga Paritrana Awards ini menjadi pemicu semangat yang memotivasi semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Surabaya Karimunjawa, Muhyidin mengatakan, Paritrana Awards merupakan momentum bagi pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan perusahaan untuk dapat andil dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Besar harapannya agar Kota Surabaya menjadi nominator penerima penghargaan Paritrana Awards 2020, termasuk juga perusahaan skala besar menengah dan kecil mikro," pungkasnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO