Kebahagiaan di Tengah Pandemi, Belasan Anak Terlantar di Jatim Mendapat Orang Tua Asuh

Kebahagiaan di Tengah Pandemi, Belasan Anak Terlantar di Jatim Mendapat Orang Tua Asuh Kadinsos M Alwi (baju batik) saat menyerahkan bayi ke salah satu orangtua asuh.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kabar bahagia di tengah pandemi Covid-19. Sebanyak 12 anak terlantar, yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki mendapatkan orang tua asuh. 

Penyerahan dilakukan Dinas Sosial Provinsi Jatim di Kantor UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Anak Balita (PPSAB) di Jalan Monginsidi, Sidoarjo Kota, Senin (16/11/2020).

Kepala Dinsos Jatim, M. Alwi mengatakan, program penyerahan anak asuh kepada orang tua asuh ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jatim untuk mengentas keterlantaran anak, mengangkat kesejahteran, dan melindungi anak-anak yang terlantar.

"Hari ini, Dinsos Jatim melalui UPT PPSAB Sidoarjo menyerahkan 12 anak yang telah dirawatnya ke orangtua asuh," katanya usai penyerahan anak.

Ia menambahkan, -anak ini melalui beberapa proses. Di antaranya proses administrasi, kepolisian, kejaksaan, serta faktor ekonomi dari calon orang tua asuh. Serta persyaratan utama bahwa setelah lima tahun menikah tidak memiliki keturunan.

"Tapi tidak semudah itu. Ada masa perkenalan terhadap anak. Apabila anak yang akan diadopsi itu menolak, maka batal-lah adopsi terhadap anak tersebut. Yang jelas, antara anak dan calon orang tua asuh saling mencintai, terutama dari anaknya," jelas Alwi.

Pj. Bupati Sidoarjo, Hudiyono berpesan kepada para orang tua asuh, karena anak yang diterima adalah amanah. Anak yang diasuh harus benar-benar dianggap sebagai anak sendiri, bukan orang lainnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO