Kualitas Lebih Terjamin, KPM BPNT di Parengan Pilih Beras Premium

Kualitas Lebih Terjamin, KPM BPNT di Parengan Pilih Beras Premium Pihak dinsos dan kecamatan saat mengecek kualitas beras yang akan disalurkan ke KPM.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Penyaluran komoditi beras program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, kini bisa dilakukan secara pre-order. Dengan sistem ini, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bebas memilih sendiri kualitas komoditi yang diinginkan.

Penyedia komoditi BPNT menyediakan dua jenis kualitas beras. Yakni, kualitas medium dan premium. Namun demikian, para KPM ternyata lebih banyak yang memilih beras premium karena kualitasnya lebih baik dan sangat layak konsumsi.

“Mekanismenya kini dilakukan secara pre-order. KPM bebas memilih jenis beras yang diinginkan, terserah KPM memilih yang mana. Jangan sampai disesuaikan keinginan agen, tapi benar-benar permintaan KPM," ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinsos P3A Tuban, Ritazahara Afrianti saat melakukan pengecekan komoditi beras di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban sebelum disalurkan kepada agen, Jumat (13/11).

Lebih lanjut, Ritazahara mengatakan, perubahan mekanisme penyaluran dengan sistem pre-order ini dilakukan sejak tiga bulan terakhir. Dengan begitu, masyarakat tidak merasa dirugikan dan terkesan terpaksa memilih komoditi yang diinginkan.

“KPM mintanya seperti apa harus dilayani, mereka ini bukan penerima sembako, tapi menerima uang untuk ditukarkan dengan sembako di agen, jadi jangan sampai KPM merasa dirugikan,” imbuhnya.

Meski telah menyediakan kualitas jenis beras terbaik, pengawasan dan pengecekan terus dilakukan, baik di tingkat kecamatan maupun agen. Hal itu dilakukan guna menjaga kualitas bantuan pangan tersebut dan memastikan komoditas yang disediakan telah sesuai dengan ketentuan, sehingga KPM tidak merasa dirugikan.

"Semua ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk pangan ini agar sampai ke tangan KPM sesuai dengan kualitas yang telah ditetapkan," tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Parengan, Sanusi mengatakan, selama ini komoditi yang disediakan supplier sudah bagus dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Komoditi beras dengan kualitas premium yang disediakan agen sangat layak dikonsumsi masyarakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO