Satu Pegawai Positif Covid-19, Puskesmas Wonodadi Tiadakan Pelayanan

Satu Pegawai Positif Covid-19, Puskesmas Wonodadi Tiadakan Pelayanan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Puskesmas Wonodadi menambah daftar panjang puskesmas di Kabupaten Blitar yang terpaksa meniadakan pelayanannya karena ada pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Kuspardani membenarkan penutupan pelayanan sementara di puskesmas yang terletak di Kabupaten Blitar bagian barat tersebut.

Menurutnya, penutupan dilakukan setelah ada satu pegawai terkonfirmasi positif Covid-19. Penutupan dilakukan mulai Kamis 12 November dan akan aktif kembali pada Senin 16 November 2020.

"Iya benar, Puskesmas Wonodadi ditutup karena ada satu staf yang positif. Datanya kami terima kemarin sore. Sehingga hari ini diputuskan untuk dilakukan penutupan pelayanan untuk dilakukan sterilisasi," ujar Kuspardani, Kamis (12/11/2020).

Kuspardani mengatakan, pegawai yang positif tersebut memiliki riwayat baru kembali dari luar kota. Ia kemudian melakukan rapid test dan hasilnya reaktif. Karena hasilnya reaktif ia kemudian melakukan tes swab dan hasilnya positif.

"Riwayatnya dari Tulungagung terus dia melakukan rapid test hasilnya reaktif lalu tes swab hasilnya positif," paparnya.

Selain sterilisasi, sejumlah pegawai puskesmas yang kontak erat dengan pasien positif juga diminta melakukan tes swab.

"Staf dan pegawai lain juga kami swab test," kata Kuspardani.

Sekadar untuk diketahui, Puskesmas Wonodadi bukan puskesmas pertama yang ditutup pelayanannya selama masa pandemi Covid-19. Sebelumnya, sejumlah puskesmas mengalami nasib yang sama setelah ada pegawainya yang dinyatakan positif Covid-19. Di antaranya Puskesmas Selopuro, Puskesmas Wlingi, Puskesmas Wates, dan Puskesmas Sanankulon. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO