Senin, 19 April 2021 15:50

​Jelang Pilbup Tuban 2020, Kapolda Jatim: TNI-Polri Harus Peka Kondisi Sosial Politik

Senin, 09 November 2020 21:58 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Jelang Pilbup Tuban 2020, Kapolda Jatim: TNI-Polri Harus Peka Kondisi Sosial Politik
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI I. N.G. Sudihartawan saat berkunjung ke Polres Tuban, Senin (9/11/2020). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Mohammad Fadil Imran menekankan jajaran di bawahnya agar selalu menjaga sinergitas bersama TNI dalam menciptakan suasana kondusif di masyarakat.

Selain itu, dirinya meminta anggotanya untuk lebih peka terhadap situasi sosial dan politik yang berkembang, utamanya menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban 2020.

Hal ini disampaikan Jendral Bintang Dua itu saat berkunjung ke Polres Tuban bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI I. N.G. Sudihartawan, Senin (9/11/2020).

"Jangan sampai terjadi peristiwa atau masalah yang tidak bisa kita antisipasi, satu bulan ke depan kuping kita harus kita korek, mata kita tiap hari harus melotot, deteksi dini dan fungsi intelijen harus berjalan dengan baik sehingga setiap permasalahan bisa kita atasi," tegas Kapolda Jatim.

BACA JUGA : 

​Antisipasi Aksi Balap Liar, Polres Tuban Siagakan Personel di JLS dan Soekarno-Hatta

Antisipasi Wajib Pajak 'Nakal', Polda Jatim-Ditjen Pajak Akan Bentuk Tim

Gandeng FBI, Polda Jatim Bongkar Pembuat Website Scam Untuk Cairkan Dana PUA Warga AS

Semakin Merajalela, Warga Minta Polisi Segera Tertibkan Balap Liar di Tuban

Lebih lanjut, dirinya meminta seluruh jajaran kepolisian hingga tingkat desa selalu me-monitoring dan memetakan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kerawanan dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Saya pesan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, rekan Danramil, dan Kapolsek, tolong dimonitor betul potensi kerawanan dinamika sosial politik yang berkembang ke depan. Tolok ukurnya bukan seberapa mampu menyelesaikan perkara, seberapa mampu kita menangkap pelaku kejahatan, seberapa mampu kita menangkap pelaku kerusuhan, tapi seberapa mampu kita mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi," pungkasnya.

Di tempat yang sama, Pangdam V/Brawijaya, Mayor Jenderal TNI Suharyanto menjelaskan, TNI siap bersinergi dengan jajaran kepolisian dalam mengamankan jalannya pelaksanaan pilkada serentak dan selalu menjalin sinergitas TNI-Polri serta instansi lain. Prinsipnya TNI selalu mendukung jajaran kepolisian dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020.

"Saya tekankan sinergitas antara TNI-Polri dan instansi lain harus diutamakan, tidak ada ceritanya ada keributan, dan saya yakin antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah sangat erat dan betul-betul bersinergi. TNI-Polri harus benar-benar menjaga netralitas demi pelaksanaan pilkada yang tertib dan lancar," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono memaparkan, situasi dan kondisi wilayah hukum Polres Tuban saat ini masih dalam keadaan kondusif. Dalam pengamanan pilkada mendatang, Polres Tuban menerjunkan 590 personel dengan dibantu TNI 391 personel, Satpol PP 71 personel, dan Linmas 6.270 personel.

"Secara personel kita siap mengamankan jalannya Pilkada 2020," ujarnya.

Agenda kunjungan pimpinan aparat keamanan di Jawa Timur itu diakhiri dengan pemberian bantuan 10 ribu masker secara simbolis oleh Kapolda Jatim, 10 ribu masker oleh Pangdam V/Brawijaya, dan 2.500 masker oleh Pangkoarmada II. (gun/zar)

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...