Kenang Jasa Pahlawan, Anggota Kodim 0817/Gresik dan Pelajar SMK Sunan Giri Kerja Bakti Bersihkan TMP

Kenang Jasa Pahlawan, Anggota Kodim 0817/Gresik dan Pelajar SMK Sunan Giri Kerja Bakti Bersihkan TMP Anggota Kodim 0817/Gresik bersama para pelajar saat kerja bakti membersihkan makam pahlawan. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah Anggota Kodim 0817/Gresik yang bertugas di Koramil 0817/04 Menganti bersama pelajar SMK Sunan Giri melakukan kerja bakti membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP). Para tentara dan pelajar berbaur membersihkan makam dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rumput liar yang tumbuh di area TMP Menganti di Jalan Raya Sidomulyo Kecamatan Menganti dibersihkan. Ada yang menggunakan arit, mesin pemotong rumput, bahkan tangan kosong.

Para pelajar yang diwakili oleh OSIS itu diberi bimbingan oleh petugas tentang bagaimana cara membersihkan makam. Hal ini untuk menanamkan semangat bela Tanah Air, mengenang jasa para pahlawan, dan mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

Setelah itu, para pelajar berpencar menuju makam yang ditumbuhi rumput liar. Setelah semua area TMP bersih, kemudian secara bergantian melakukan prosesi tabur bunga.

Danramil 0817 / 04 Menganti, Mayor Har Inf. Nawardi menyambut baik kegiatan ini. Karena sebagai media untuk mengenalkan generasi penerus kepada para pahlawan yang telah gugur. Sekaligus mengenalkan jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan. "Ini salah satu bentuk praktik di lapangan, menghargai jasa para pahlawan," ujarnya, Senin (9/11/2020).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Sunan Giri, Syafi'i menambahkan, kegiatan ini sengaja digelar karena sebelumnya para wali murid mengeluhkan metode kegiatan belajar mengajar selama pandemi Covid-19. Untuk itu, pihak sekolah pun memberikan kegiatan positif memperingati .

"Semoga bisa menginspirasi murid yang lain dan menjadi contoh mengenang jasa pahlawan," pungkasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO