Dukung Pemberdayaan Petani, Wali Kota Batu Apresiasi Sistem Membership Sawah Rojo Art Farming

Dukung Pemberdayaan Petani, Wali Kota Batu Apresiasi Sistem Membership Sawah Rojo Art Farming Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat ikut menanam bibit.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memberikan dukungan terhadap langkah petani muda Desa Pesanggrahan Kota Batu Jawa Timur dalam program pemberdayaan petani Sawah Rojo Art Farming.

Dukungan tersebut, salah satunya ditunjukkan Dewanti Rumpoko melalui keterlibatannya dengan membuka dan sekaligus mengikuti kegiatan edukasi dan pengalaman bercocok tanam (Farming Education & Experiences) di atas lahan 4 hektare.

Dengan hadirnya Sawah Rojo Art Farming ini, Dewanti berharap sebuah ikon pertanian yang memadukan teknologi & seni destinasi baru ini sukses, baik untuk petani, ekonomi, maupun untuk keindahan alamnya.

"Petani muda harus kita support, dinas pertanian harus memberikan pendampingan. Sebab program pemberdayaan petani ini yang dicanangkan sawah rojo ini adalah bagus, bagus untuk ekonomi, dan bagus untuk keindahan," kata Dewanti Rumpoko saat ditemui usai me-launching pemberdayaan petani Sawah Rojo Art Farming, Minggu (8/11/2020) siang.

Selain itu, Dewanti juga berpesan agar pengelola terus berinovasi melalui edukasi dan wisatanya. Ia mengapresiasi Sawah Rojo Art Farming karena menawarkan kepada masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu untuk mengikuti kegiatan edukasi dan pengalaman bercocok tanam, seperti menanam bibit, merawat lahan, hingga memanen hasil pertanian.

Sementara Herman Aga, Manajemen Sawah Rojo Art Farming menjelaskan Sawah Rojo Art Farming merupakan lahan pertanian yang memadukan teknologi & seni.

"Manajemen menerapkan sistem membership sewa kelola lahan dengan berbagai paket ukuran lahan. Yaitu luas 50 meter persegi dengan harga sewa Rp 3 juta, dan luas 100 meter persegi dengan harga sewa Rp 5 juta dengan masa sewa selama tiga bulan," kata Herman Aga.

Selama masa sewa, ia menjamin lahan akan menghasilkan sayuran dan buah-buahan yang sepenuhnya menjadi hak para member. Dengan harga paket sewa kelola lahan tersebut, para member sudah mendapatkan fasilitas perawatan lahan selama tiga bulan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO