Baru Capai 30 Persen, Proyek Pembangunan Puluhan PJU di Pasuruan Disorot Dewan

Baru Capai 30 Persen, Proyek Pembangunan Puluhan PJU di Pasuruan Disorot Dewan Salah satu proyek PJU di wilayah Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pengerjaan puluhan proyek pembangunan PJU (Penerangan Jalan Umum) di wilayah Kabupaten Pasuruan hingga memasuki minggu pertama November 2020 realisasinya relatif rendah, baru mencapai 30-35 persen. Hal itu terbukti dari para kontraktor pemenang tender yang baru melakukan pemasangan tiang lampu PJU.

Rendahnya realisasi pengerjaan proyek pengerjaan pembangunan PJU tersebut menjadi sorotan pimpinan dewan, salah satunya dari Wakil Ketua DPRD H. Rusdi Sutejo. Politikus Partai Gerindra ini menuturkan, rendahnya realisasi pengerjaan fisik PJU tersebut secara langsung akan berdampak pada keterlambatan pengerjaan. 

“Pihak PPK seharusnya melakukan evaluasi serta monitoring ke lapangan untuk mengetahui penyebab lambatnya pengerjaan fisik tersebut,“ jelasnya.

Ia mengungkapkan, tahun 2020 ini Pemkab Pasuruan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan PJU yang tersebar di beberapa kecamatan ini Rp 5 miliar. Dana tersebut untuk pembangunan 500 buah lampu PJU yang tersebar di beberapa wilayah/ruas jalan yang minim penerangan. Untuk anggaran di masing-masing titik bervariatif, antara Rp 100-200 juta.

Terpisah, Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga Cahyo Fajar justru mengatakan capaian pembangunan PJU cukup pesat. Menurutnya, berdasarkan laporan dari konsultan pengawas, hingga minggu I bulan November ini rata-rata rekanan sudah melakukan pemasangan tiang lampu. Tahap selanjutnya adalah pemasangan aliran listrik dari PLN.

“Kalau progresnya sudah lumayan bagus karena mayoritas lampu PJU terpasang, tinggal mengajukan pemasangan aliran listrik dari PLN. Kita optimis tidak telat mas,“ jelasnya.

Ia tidak menampik adanya kontraktor yang baru memasang umpak saja, karena masih menunggu kiriman pipa octagonal yang dipesan dari pabrikan. Namun, jumlahnya sebagian kecil kontraktor saja.

Ia menegaskan selama ini terus melakukan evaluasi kepada rekanan yang progres pengerjaannya tidak on target. Mereka didesak untuk segera melakukan percepatan.

Adapun sejumlah pekerjaan PJU yang sudah terpasang tiang lampu di antaranya di Kraton Sidogiri 1 titik, Durensewu Kecamatn Pandaan 3 titik, Kecamatan Lekok 3 titik, serta di wilayah Kecamatan Beji. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO