Jamin Keamanan Pengguna Jalan, DPUPR Operasi Jalan Berlubang

Jamin Keamanan Pengguna Jalan, DPUPR Operasi Jalan Berlubang Perbaikan jalan berlubang oleh DPUPR Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Guna menjamin keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, Pemkot Batu melalui DPUPR menggeber perbaikan jalan protokol yang rusak. Setidaknya, dalam sehari DPUPR Kota Batu mampu memperbaiki lima titik jalan rusak.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengungkapkan, perbaikan jalan ini dimulai pada awal Oktober lalu. Ia menargetkan pada akhir bulan November ini jalan-jalan di Kota Batu sudah mulus.

"Hingga saat ini pengerjaan sudah lebih dari 40 persen yang rampung. Selain itu lebih dari 200 jalan berlubang juga telah kami perbaiki," ungkapnya.

Dikatakan Alfi, setiap titik perbaikan jalan rusak dengan panjang kurang lebih 300-500 meter, biayanya kisaran Rp 200 juta.

"Rata-rata kerusakan paling banyak pada akses jalan menuju kawasan pariwisata. Karena intensitas kendaraan yang lewat sangat tinggi. Selain itu, faktor usia jalan dan cuaca juga berpengaruh terhadap kondisi jalan di Kota Batu," tuturnya.

Menurutnya, hingga saat ini tak ada faktor lain yang mempengaruhi kerusakan jalan di Kota Batu. Karena saat ini pelanggaran tonase kendaraan lewat juga sangat jarang ditemukan.

Dalam akhir-akhir bulan Oktober kemarin, pihak DPUPR telah menyelesaikan sejumlah ruas jalan. “Terakhir kemarin, kami mengerjakan di tiga kawasan ruas jalan protokol di Kota Batu. Yakni Jalan Agus Salim, Jalan Bromo, dan Jalan Giripurno,” ujar Alfi.

Dirinya berharap tak menemui kendala sedikit pun dalam perawatan jalan. Karena saat ini telah masuk pada musim penghujan. Sehingga, kualitas jalan yang mantap mampu menunjang keselamatan.

"Sebanyak apapun lubang akan terus kami razia dan kami perbaiki. Jika Satpol PP dan Polisi melakukan razia masker, maka kami akan melakukan razia jalan berlubang," tandasnya.

Karena saat ini telah masuk pada musim penghujan, DPUPR Kota Batu tak hanya memperbaiki jalan berlubang saja. Sistem saluran air juga tengah diperhatikan. "Selain jalan, kami juga mengerjakan drainase," pungkasnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO