Rabu, 02 Desember 2020 12:32

Pemkot Kediri Dukung Kegiatan PCNU Peringati Hari Santri, dari Bulu Tangkis hingga Gowes Religi

Jumat, 30 Oktober 2020 22:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Pemkot Kediri Dukung Kegiatan PCNU Peringati Hari Santri, dari Bulu Tangkis hingga Gowes Religi
Start bersepeda di Kantor PCNU Kota Kediri Jl. Sriwijaya. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri mendukung penuh peringatan Hari Santri Nasional 2020 oleh PCNU Kota Kediri. Beberapa kegiatan digelar untuk memeriahkan HSN dengan tema Santri Sehat Indonesia Kuat. Kegiatan tersebut berupa turnamen bulu tangkis yang didukung oleh Disbudparpora, Gowes Religi, bersepeda santai dan berziarah ke makam para wali, serta rangkaian kegiatan yang lain.

"Pemkot dukung semua kegiatan HSN mulai Disbudparpora, Protokol dan Komunikasi Pimpinan, juga dari Kesra. Sesuai temanya, kami harap santri harus sehat, inovatif, dan punya daya saing," kata Ardi Handoko, Kabag. Kesra Pemkot Kediri, Kamis (29/10).

Gowes religi sendiri dimulai pukul 06.00 WIB diikuti oleh 50-an santri dan jajaran pengurus NU Cabang Kediri, jajaran Pores Kediri Kota, dan instansi terkait. Hadir juga Kapores Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana. Acara ini juga didukung oleh Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Kediri.

“Dengan bersepeda, kita sebagai santri harus sehat artinya untuk imunitas santri harus meningkat untuk melawan COVID 19,” kata Masruri, Wakil Sekretaris PCNU Kota Kediri.

Selain menjaga kesehatan tubuh, lanjut Masruri, bersepeda keliling Kota Kediri mendatangi makam para wali, masyayih, dan para pejuang agama untuk mendoakan. Para pesepeda ini mengenakan sarung sebagai ciri khas santri Indonesia.

“Sarung adalah ciri khas dan simbol santri Indonesia dari masa ke masa, sehingga santri tidak bisa dilepaskan dari sarung dan kopyah hitam,” tambah Masruri.

Rute bersepeda dimulai dari Kantor NU (Jl. Sriwijaya) - Jl. Joyoboyo - Jl. Adisucipto - Jl. Hayam Wuruk - Jl. Dhoho - Jl. Monginsidi - Jl Yos Sudarso - Jembatan Brawijaya - Jl. KDP Slamet - Jl. Wahid Hasyim-Jl. Bandar Lor - Jl. KH. Abudl Karim - Jl. Dr Saharjo, Jl. Semeru - Jl. Raung - Jl. GOR Joyoboyo - Jl. KH. Hasyim Asy’ari - Jl Agus Salim - Jl. KH. Hasyim Asy’ari (PP. Salafiyah).

Sedangkan makam yang disinggahi yaitu area makam Masjid Jamsaren, makam Syeh Wasil Setono Gedong, makam Lirboyo, makam Banjar Mlati, dan makam PP. Muanah Sari.

Di area Masjid Setono Gedong, rombongan gowes disambut pemuda Pencak Silat Pagarnusa ala pedangpora. Berikut pengalungan bunga untuk jajaran pengurus NU. Rombongan berdoa di pendapa karena makam Mbah Wasil masih ditutup untuk ziarah karena Covid-19.

“Meski kita sudah bisa berkegiatan, protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” kata Ketua PCNU Kota Kediri Abu Bakar Abdul Jalil (Gus Ab). Pada kesempatan ini, Gus Ab juga menyerahkan bantuan sembako untuk warga. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...