Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan, Satgas Luncurkan Inovasi BLC Monitoring Perubahan Perilaku

Tingkatkan Disiplin Protokol Kesehatan, Satgas Luncurkan Inovasi BLC Monitoring Perubahan Perilaku Prof Wiku Adisasmito, Koordinasi Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Satgas Penanganan COVID-19 meluncurkan sebuah inovasi baru dalam bidang Data dan IT untuk penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Sistem yang diberi nama sebagai "Bersatu Lawan COVID-19 (BLC) Monitoring Perubahan Perilaku" ini di-launching pada Selasa (27/10/2020).

Koordinasi Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, sistem ini dirancang untuk menghasilkan data yang realtime, terintegrasi, sistematis, interoperabilitas, dan sistem yang melibatkan koordinasi antar lintas sektor.

"Melalui sistem ini, petugas di lapangan dapat memasukkan berbagai data terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat di lokasi-lokasi pengawasan secara realtime," kata Wiku saat memberikan keterangan pers perkembangan penanganan COVID-19 yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Data yang dimasukkan para petugas di lapangan, akan diolah menjadi data statistik untuk mengetahui lokasi atau area terbanyak dengan lokasi geografisnya, dan menemukan pelanggaran protokol kesehatan. Data statistik itu nantinya dapat digunakan untuk mengoptimalisasi pelaksanaan operasi yustisi.

Wiku menjabarkan, salah satu fitur yang terdapat dalam sistem BLC Perubahan Perilaku ialah kuesioner untuk melaporkan kerumunan yang terjadi dan juga memonitor kepatuhan individu dan institusi terhadap protokol kesehatan. Termasuk dapat digunakan memetakan lokasi dan institusi yang perlu meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Hasil pelaporan monitoring dalam sistem itu, berbentuk sebuah dashboard nasional yang berbentuk alat navigasi. Saat ini, katanya, sudah berjalan selama 4 minggu, dan sudah ada 18.960.212 orang yang dipantau. Juga ada 3.480.380 titik pantau di seluruh Indonesia dan ada 485 kabupaten/kota yang dipantau, termasuk seluruh provinsi di Indonesia.

Sumber: Tim Komunikasi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO