Jalan Diblokade, Puluhan Truk Muat Material Urukan di Sidoarjo Tersandera

Jalan Diblokade, Puluhan Truk Muat Material Urukan di Sidoarjo Tersandera Puluhan Warga Desa Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo memblokir akses jalan menuju lokasi pengurukan yang dilakukan oleh PT Purnama Indo Investama di kawasan desa setempat, Kamis (22/10/2020). (foto: ist)

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Puluhan Warga Desa Sidodadi, Kecamatan Candi, Sidoarjo memblokir akses jalan menuju lokasi pengurukan yang dilakukan oleh PT Purnama Indo Investama di kawasan desa setempat, Kamis (22/10/2020).

Menurut informasi, aksi blokade jalan yang didominasi oleh emak-emak itu dilakukan sejak Kamis pagi. Tampak puluhan truk yang mengangkut material, menumpuk (berhenti) di perbatasan desa.

Sumadji, Ketua RT 9 Desa Sidodadi Kecamatan Candi mengatakan, aksi blokade jalan itu dipicu karena perjanjian antara warga dan pihak pengembang perumahan sudah habis masa berlakunya. Perjanjian itu berlaku selama empat bulan yang dimulai sejak tanggal 18 Mei sampai 18 September 2020.

"Perjanjian antara warga dengan pihak pengembang perumahan itu sudah berakhir. Namun masih banyak truk-truk pengangkut material masih melewati jalan desa," kata Sumadji di lokasi.

Senada, Ali Hasan, Kuasa Hukum Warga Desa Sidodadi RT 09 mengatakan bahwa sebelum proses pembuatan Perumahan Mutiara City, ada semacam kesepakatan antara warga dan pihak pengembang. "Sebenarnya tanggal 21 September 2020 kemarin ada pertemuan, tapi belum ada kesepakatan," ucapnya.

Sementara itu, Dhuri Permata, pihak pengembang mengatakan bahwa jalan yang dilalui tersebut merupakan jalan kabupaten, sehingga pihaknya sudah melakukan izin dan mendapat izin dari Pemkab Sidoarjo.

"Kami sudah mendapat izin. Dan apabila ada kerusakan jalan, konsekuensi kami yakni melakukan pembetulan," ujar Dhuri.

Ia mengungkapkan bahwa dalam surat kesepakatan antara warga dan pengembang, tidak tertera tanggal atau masa berlaku kesepakatan.

"Tidak ada apa itu tanggal sekian sampai tanggal sekian, tidak ada," pungkasnya. (cat/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO