Tak Pakai Masker, Belasan Warga Batu Disanksi Push Up

Tak Pakai Masker, Belasan Warga Batu Disanksi Push Up Sejumlah pemuda yang kedapatan tak memakai masker disanksi push up.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Belasan warga Kota Batu yang tidak mengenakan masker terjaring operasi masker dari petugas gabungan Pol PP, TNI, Polri, Dishub, dan BPBD Kota Batu di Jalan Raya Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Selasa (20/10) pagi. Mereka yang terjaring operasi langsung diberi sanksi push up dan melafalkan pancasila.

"Kebanyakan yang tidak pakai masker ini adalah mereka yang bukan asli Desa Oro-oro Ombo. Kebanyakan mereka lewat jalan ini setelah pulang dari sawah," ujar Aji Pono, salah seorang petugas Pol PP Kota Batu.

Mereka yang terjaring operasi juga diingatkan untuk selalu menggunakan masker, karena masa pandemi Covid-19 belum usai. Usai diberi sanksi push up dan melafalkan pancasila, mereka diberi masker gratis oleh petugas BPBD Kota Batu.

Sementara itu, Iptu Haryanto, salah seorang anggota Satlantas Polres Batu yang juga turun langsung dalam operasi masker ini menuturkan, jumlah warga yang terjaring operasi sebanyak 20 orang dalam jangka waktu 15 menit. Menurutnya, operasi ini merupakan salah satu bagian penegakan protokol kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam instruksi presiden.

"Operasi kali ini sifatnya hanya memberikan teguran. Tidak ada denda maupun sidang di tempat. Kami berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya dengan memakai masker ini," harapnya.

Selain di persimpangan Desa Oro-oro Ombo, petugas gabungan juga melakukan operasi masker serupa di proliman Desa Junrejo, dan pertigaan Desa Beji. Operasi tidak hanya digelar pagi hari, tetapi juga siang hari dan sore hari di berbagai titik lokasi di Kota Batu. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO