Rabu, 27 Januari 2021 01:13

Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut, Bupati Sambari Diarak Naik Dadak Merak

Senin, 19 Oktober 2020 18:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut, Bupati Sambari Diarak Naik Dadak Merak
Bupati Sambari menerima penghargaan WTP dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Untuk yang kelima kalinya, Pemkab Gresik meraih penghargaan atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019 dengan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati ini diserahterimakan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto di Gedung Grand City Surabaya, Senin (19/10/2020).

Sekembalinya menerima penghargaan tersebut, bak seorang pahlawan yang menang perang, Bupati Sambari disambut istimewa oleh para kepala Organisasi Perangkat Daerah di Pemkab Gresik.

Sejumlah kepala OPD secara spontan menghadirkan kelompok hiburan Reyog Ponorogo untuk penyambutan kedatangan orang nomor satu di Pemkab Gresik tersebut.

Selepas masuk gerbang kantor, bupati dijemput oleh grup reyog serta diikuti oleh para kepala OPD. Salah seorang kepala OPD dibantu yang lain memandu bupati untuk naik dadak merak. Meskipun agak kesulitan, akhirnya bupati berhasil menaiki puncak dadak merak tersebut.

Hanya beberapa meter, bupati turun dari dadak merak tersebut, lalu berjalan sambil mengikuti irama karawitan dari reyog ponorogo serta diikuti para kepala OPD menuju kantornya, di Jalan Dr. Wahidin, S.H, Kebomas.

Memang suatu kebanggaan tersendiri di penghujung pengabdian Bupati Sambari dan Wakil Bupati Moh Qosim, Pemkab Gresik kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (Opini WTP) dari Kementerian Keuangan RI.

Penghargaan tersebut berhasil diraih setelah keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2019. Dari laporan tersebut setelah diaudit, maka ditentukanlah bahwa Gresik memang layak menerima penghargaan tersebut. 

Menurut Bupati, raihan WTP ini membuktikan bahwa akuntabilitas pemerintah daerah benar-benar teruji. Bahkan raihan pemkab Gresik dinilai sangat membanggakan karena prestasi ini selama lima tahun terakhir berturut-turut, mulai kurun waktu 2015 sampai tahun 2019. 

"Alhamdulillah, meski sedang ada pandemi Covid-19 kami atas nama pemerintah kabupaten bersyukur sekali karena kembali mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian," kata bupati didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi.

Menurut bupati, prestasi yang dicapai kali ini merupakan kerja keras dari seluruh pegawai, pejabat serta doa ulama dan kiai. Tak lupa, juga dukungan besar seluruh masyarakat membuat semangat untuk membawa Gresik lebih baik.

Bupati juga menyatakan, pengelolaan keuangan yang dikelola Pemkab Gresik mengedepankan transparansi, sehingga menyajikan laporan keuangan yang akuntabel, update dan dapat dipertanggungjawabkan. 

"Opini WTP dari Kementerian Keuangan ini menjadi bukti bahwa pola kerja yang diterapkan di Kabupaten Gresik tertata dengan baik dan profesional," ungkap Bupati Gresik 2 periode bersama Wabup Moh. Qosim ini. "Saya berharap ke depan kita tetap memperoleh penghargaan bahkan bisa lebih memperbaiki prestasi," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...