PT. WS Menang Lelang Normalisasi Sungai Welang, Warga Resah, Proyek Asal-asalan

PT. WS Menang Lelang Normalisasi Sungai Welang, Warga Resah, Proyek Asal-asalan Papan nama disembunyikan di tengah pemukiman penduduk. foto: SUPARDI/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Dirjen SDA (Sumber Daya Air) Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, SNVT Pelaksana Jaringan Sumber Air Brantas Jl. Menganti 312 Surabaya menggelontor dana pagu Rp 58.299.662.000.

Dana puluhan miliar itu dipergunakan untuk pembangunan pengendali banjir Kali Welang di Kabupaten Pasuruan. 

Lelang proyek itu dimenangkan oleh PT. Widya Satria (WS) yang berkantor di Jalan Ketintang Blok BB Nomor 20 Surabaya. Pembangunan sudah mulai dikerjakan dengan volume pekerjaan sekira 500 meter senilai kontrak anggaran APBN Rp.35.926.146.000,-.

Namun selama pengerjaan, diduga pelaksanaannya tak memperhatikan lingkungan. Adapun Llkasi proyek ada di bibir Sungai Welang milik 37 warga Dusun Karang Asem Kelurahan Karang Ketug Kecamatan Gading Rejo, Kota Pasuruan.

Sosialisasi sebenarnya sudah dilakukan melalui Kepala Kelurahan Karang Ketug Ali Santuso, bahwa sepanjang 1 Km bibir Sungai Welang ada proyek normalisasi. Namun, tetap muncul protes dari warga, yang menilai pelaksanaan proyek tidak sesuai harapan. Pasalnya, sedimen yang bikin dangkal sungai tidak dikeruk.

Selain itu, alat berat yang mengerjakan di sepanjang bibir Sungai Welang masuk pekarangan warga. Bahkan ada pegawai PT Widya Satria yang merusak hampir 35 pohon pisang dan beberapa pohon lainnya milik warga Karangasem.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO