Protokol Kesehatan Jadi Kebutuhan Masyarakat, Tak Cukup Sekadar Tahu, Tapi Harus Diterapkan

Protokol Kesehatan Jadi Kebutuhan Masyarakat, Tak Cukup Sekadar Tahu, Tapi Harus Diterapkan Peluncuran Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19 di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB Jakarta, pada Jumat (16/10) sore.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Masyarakat sudah mengetahui perilaku 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Namun bagaimana pengetahuan tentang protokol kesehatan dengan mematuhi dan menerapkan perilaku untuk selalu 3M di masa pandemi ini dalam kehidupan sehari-hari, rupanya, masih menjadi pekerjaan rumah bersama.

Demikian dikatakan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam talkshow "Peluncuran Buku Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan ” di Media Center Satgas Graha BNPB Jakarta, pada Jumat (16/10) sore.

Wali Kota Airin menceritakan pengalamannya tujuh bulan memimpin masyarakat dalam situasi pandemi. Kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan itu harusnya menjadi kebutuhan, bukan lagi kewajiban karena perintah undang-undang.

"Kalau sudah jadi kebutuhan, ada atau tidak ada polisi dan tentara, masyarakat tetap pakai masker. Bukan karena ada razia masker baru pakai," ujar Wali Kota Airin yang menjadi orang pertama yang menerima buku “Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan ” yang diterbitkan oleh Satgas Penanganan ini.

Wali Kota Airin menjelaskan masyarakat sudah tahu 3M dan seperti apa menuju tatanan adaptasi kebiasaan baru. Tapi bagaimana menjalankan pengetahuan tentang protokol kesehatan sebagai kebutuhan dan kebiasaan ini yang perlu dilakukan. Dan ini, kata Wali Kota Airin, menjadi tugas besar kita bersama di lapangan agar masyarakat mengubah perilaku dengan terbiasa menerapkan protokol kesehatan.

"Ini PR (pekerjaan rumah) di lapangan agar masyarakat bisa terbiasa. Semoga buku yang disusun ini bisa memudahkan masyarakat dalam menerapkan kebiasaan baru ini," ungkap Wali Kota Airin yang sore itu memakai kemeja putih lengan panjang dipadu dengan rompi kerja.

Ketua Satgas Penanganan Provinsi Jawa Timur Dr. dr. Joni Wahyuhadi, Sp.BS mengatakan pihaknya melakukan survei selama empat bulan di masa pandemi. Hasilnya pengetahuan masyarakat tentang cukup, perilaku baik, tapi dalam implementasinya tidak selalu baik.

Perubahan perilaku terhadap ketaatan protokol kesehatan, kata dr. Joni melalui Zoom, tidak cukup hanya sebatas tahu dan mengerti.

Sumber: covid19.go.id

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO