Kamis, 29 Oktober 2020 18:29

​Cabup Qosim Diundang Tausiah Takmir Masjid Sidorukun, Tim Advokat Niat Surati Bawaslu

Sabtu, 17 Oktober 2020 22:56 WIB
Editor: Tim
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
​Cabup Qosim Diundang Tausiah Takmir Masjid Sidorukun, Tim Advokat Niat Surati Bawaslu
Ketua Harian Advokasi Irfan Choirie, bersama Ali Muchsin, dan Ponco Pratikno saat memberikan keterangan pers. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tim Advokat Paslon Cabup dan Cawabup Nomor Urut 2, Fandi Akmad Yani dan Aminatun Habibah (Niat) melayangkan surat keberatan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gresik, Sabtu (17/10/2020) petang.

Langkah ini dilakukan setelah Tim Advokasi mendapatkan laporan bahwa Takmir Masjid Al Amin, di Jl. Riau Sidorukun Kecamatan Gresik mengundang KH. Moh.Qosim untuk mengisi tausiah ba'da salat Subuh pada Minggu (18/10/2020).

Ketua Harian Tim Advokasi Paslon Niat, Irfan Choirie, S.H. mengungkapkan, Takmir Masjid Al Amin, Sidorukun, Gresik untuk melaksanakan kegiatan tausiah Subuh dengan menghadirkan KH. Moh. Qosim telah memberitahukan kepada Panwascam Gresik.

"Kegiatan itu juga atas sepengetahuan kepala desa (Kades) setempat," ungkap Irfan, didampingi M. Ali Muchsin, dan Ponco Pratikno di Rumah Pemenangan Paslon Niat, Dusun Srembi Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, Sabtu (17/10/2020) petang.

Menurut Irfan, dalam surat keberatan ke Bawaslu terkait rencana kegiatan Qosim di Masjid Sidorukun sebagai bentuk preventif (pencegahan).

Mengingat, masjid adalah sarana umum. Milik masyarakat banyak. Terlebih, dalam peraturan perundangan sangat gamblang, masjid merupakan salah satu fasilitas umum yang dilarang untuk kampanye Pilkada. 

"Pak Qosim itu cabup. Terlepas undangan tausiyah itu kapasitasnya kiai, atau apa, yang pasti Pak Qosim itu cabup pada Pilkada Gresik 2020. Dan, itu melekat," jelas Irfan.

"Untuk itu, kami selaku Tim Hukum Niat keberatan. Sebab, Qosim adalah calon bupati. Sarana masjid potensi untuk digunakan kampanye," imbuhnya.

Faktor lain, lanjut Irfan, tim Advokasi Paslon Niat keberatan karena potensi terjadi masalah. Sebab, masjid adalah milik umum. "Makanya, sebelum terjadi apa-apa, Tim Hukum Niat melayangkan keberatan kepada Bawaslu," katanya.

Irfan mengaku sangat percaya Bawaslu akan berlaku fair dan netral dan bertindak profesional dalam menuntaskan persoalan selama tahapan Pilkada Gresik 2020.

Hal ini terbukti saat Paslon Niat dilaporkan Hariyadi, S.H., M.H. ke Bawaslu lantaran membuat kontrak politik berupa MoU dengan Barisan Guru Gresik (Barugres), Bawaslu pun langsung memprosesnya. "Bawaslu profesional. Kami sangat mengapresiasi kinerja Bawaslu," katanya.

Namun Irfan mengatakan dalam laporan kontrak politik Paslon Niat dengan Barugres ke Bawaslu, ada tengara upaya untuk menggiring agar paslon Niat didiskualifikasi dari peserta Pilkada Gresik 2020, sehingga Pilkada Gresik hanya muncul paslon tunggal.

"Kami ingin Pilkada Gresik kondusif, jujur, dan adil. Jangan sampai ada pihak-pihak yang ambisius untuk menjadi dan memenangkan paslon tertentu sebagai pemenang pilkada dengan menghalalkan segala cara," pungkasnya. (hud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 28 Oktober 2020 18:30 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Selama ini, masyarakat jamak mengetahui khasiat minyak kayu putih dipakai sebagai penghilang masuk angin atau perut kembung. Jarang atau belum banyak yang tahu kalau minyak tersebut berasal dari sebuah tanaman kayu putih. ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Rabu, 28 Oktober 2020 10:49 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...