Bangun Kembali Pasar Baru Tuban, Pemkab ​Gelontorkan Anggaran Rp 4 Miliar

Bangun Kembali Pasar Baru Tuban, Pemkab ​Gelontorkan Anggaran Rp 4 Miliar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya saat meninjau langsung pembangunan Pasar Baru Tuban bersama instansi terkait, Selasa (6/10/2020). (foto: ist).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menghabiskan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk pembangunan kembali Pasar Baru Tuban setelah dilanda kebakaran hebat beberapa waktu lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya saat meninjau langsung pembangunan Pasar Baru Tuban bersama instansi terkait, Selasa (6/10/2020).

Agus Wijaya mengatakan, anggaran sebesar Rp 4 miliar itu dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama sekitar Rp 3 miliar dialokasikan untuk pembangunan rangka bangunan kios dan los, mulai pondasi, tiang dan atap, sedangkan di tahap kedua sekitar Rp 1 miliar yang difokuskan untuk saluran air atap dan gorong-gorong.

"Bentuk fisik yang dibiayai pemkab berupa alas, rangka, dan atap bangunan. Selebihnya diserahkan kepada pemilik kios dan los," ujarnya.

Dirinya menambahkan, pemilik toko maupun kios untuk memperhatikan SOP terkait pemasangan instalasi listrik. Apalagi konstruksi bangunan menggunakan material baja ringan sehingga pemasangannya harus mengunakan pelindung.

"Kita bekerja sama dengan PLN terkait pemasangan instalasi listriknya, sehingga pemasangannya lebih aman, kabel yang dipasang harus menggunakan paralon agar tidak menempel ke bangunan secara langsung," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mantan Kabag Humas dan Protokol itu menjelaskan, secara keseluruhan progres pembangunan Pasar Baru Tuban telah mencapai sekitar 70 persen, sedangkan target pembangunan selesai pada akhir tahun ini.

"Progresnya sudah 70 persen tinggal pengerjaan saluran air, akhir tahun ini semua ditargetkan selesai," imbuhnya. (gun/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO