Hebat, Polisi Bojonegoro Bikin Robot Canggih yang Bisa Deteksi Warga Tak Pakai Masker

Hebat, Polisi Bojonegoro Bikin Robot Canggih yang Bisa Deteksi Warga Tak Pakai Masker Robot Bobota saat dipamerkan kepada awak media.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kepolisian Resort (Polres) Bojonegoro, Jawa Timur, me-launching canggih yang bisa mendeteksi nomor kendaraan palsu, serta bisa mendeteksi warga yang tidak mengenakan masker pada masa pandemi ini, Selasa (6/10/20).

Robot itu diberi nama Bobota (Robot Bojonegoro Tangguh). Bobota merupakan hasil karya salah satu anggota , yakni Brigadir Nanang Saiful Hanafi.

Menurut Kapolres Bojonegoro AKBP M. Budi Hendrawan, ini berbasis aplikasi Information Technologi (IT). Kehadiran diharapkan dapat mendukung tugas-tugas anggota kepolisian di tengah pandemi ini.

Launching tersebut diikuti oleh Wakapolres Bojonegoro, Kabag Ops , para Kasat, Kasubbag Humas, dan awak media cetak, elektronik, online/siber Pokja .

"Robot Bobota dibuat dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih. Anggota kami ternyata mampu, dan Alhamdulillah karyanya bisa mendukung kinerja kami," ujar Kapolres dengan bangga.

Robot Bobota bekerja dengan sistem aplikasi dan internet. Pada bodi terdapat dua kamera besar serta sensor dan beberapa pelaratan lain yang dapat merekam apa saja yang ada di depannya. Bahkan, secara otomatis tersebut akan mengeluarkan suara melalui audio yang dipasang pada bodi bagian tengah.

Kapolres menyebut beberapa fitur pada Bobota yang diklaim baru pertama kali ada di Indonesia ini, yakni antara lain kamera ALPR (Automatic License Plate Recognition). Kamera yang dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan bermotor secara otomatis, merekam, serta menyimpan data nomor kendaraan bermotor. Sehingga pendataan plat nomor kendaraan dapat dilakukan pada saat kegiatan patroli, dan dilengkapi alarm apabila ada nomor kendaraaan yang masuk dalam blacklist.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO