Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Kota Blitar Dimulai dengan Selamatan

Ekskavasi Lanjutan Candi Gedog Kota Blitar Dimulai dengan Selamatan Lokasi Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ekskavasi lanjutan Candi Gedog di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar dimulai kembali, Senin (5/10/2020). Sebelum dimulainya ekskavasi, warga setempat menggelar selamatan di sekitar lokasi candi.

Selamatan itu sebagai tanda dimulainya ekskavasi lanjutan situs Candi Gedog oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim di Trowulan, Mojokerto. Selain warga dan tim dari BPCB, selamatan juga diikuti Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono dan Camat Sananwetan, Heru Eko Pramono.

Tri Iman mengatakan, selamatan digelar untuk mengawali pelaksanaan eskavasi lanjutan Candi Gedog. Dengan digelarnya selamatan ini diharapkan, pelaksanaan eskavasi berjalan lancar setelah sempat ditunda karena pandemi Corona.

"Ekskavasi lanjutan ini akan berlangsung selama delapan hari. Dimulai hari ini sampai 14 Oktober. Jadi tim dari BPCB melakukan ekskavasi untuk menemukan bangunan induk candi. Kami berharap bangunan induk ditemukan dalam proses ekskavasi ini," terang Tri Iman, Senin (5/10/2020).

Jika bangunan induk ditemukan, Pemkot Blitar akan kembali melakukan ekskavasi lanjutan pada 2021. Pemkot juga telah mengalokasikan anggaran untuk perpanjangan sewa lahan di lokasi penemuan Candi Gedog.

Simak berita selengkapnya ...