Jumat, 23 Oktober 2020 12:32

KPU Tuban Sukses Launching Jingle, Maskot, Hingga Gelar Undian Nomor Urut Paslon

Kamis, 24 September 2020 22:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
KPU Tuban Sukses Launching Jingle, Maskot, Hingga Gelar Undian Nomor Urut Paslon
Ketiga paslon peserta Pilbup Tuban menunjukkan nomor urut masing-masing.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban sukses me-launching Jingle dan maskot pada Pilkada Tuban 2020. Bersamaan dengan itu, KPU Tuban juga menetapkan slogan atau tagline Tuban Ayem Tentrem yang dilangsungkan di Gedung Grand Javanilla, Kamis (24/9).

Peluncuran maskot diawali dengan tarian kreatif Tuban Ayem Tentrem feat. jingle Pilkada Tuban yang dihadiri Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Forkopimda, Bawaslu Tuban, serta pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban.

Pemilihan maskot ini, KPU mengadopsi dari simbol Kabupaten Tuban. Maskot dengan bentuk kuda memakai pakaian hitam yang melambangkan kekuatan dan keberanian dan diberi nama Si Ronggo.

"Dalam pilkada tahun ini, KPU Tuban menetapkan Si Ronggo sebagai maskot Pilkada Tuban tahun 2020," kata Ketua KPU Tuban, Fatkul Iksan kepada BANGSAONLINE.com.

Menurut Fathul, Si Ronggo ini merupakan simbol dari kesatria masyarakat Tuban, yaitu Ronggolawe. Ronggolawe adalah pahlawan yang diagungkan oleh masyarakat Tuban. Karena kekuatannya dalam memimpin, serta watak kesatrianya yang berbudi luhur dan memiliki kepribadian yang luar biasa.

"Dari sejarah itulah, KPU mengambil Si Ronggo untuk dijadikan maskot. Launching maskot dan jingle ini sebagai bentuk kesiapan KPU Tuban dalam melaksanakan seluruh tahapan pilkada dari awal hingga akhir," imbuhnya.

Sementara terkait pemilihan slogan Tuban Ayem Tentrem, Fathul mengatakan hal itu merupakan bentuk harapan agar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban bisa berjalan dengan ayem dan bisa memberikan kedamaian kepada masyarakat Tuban. 

Setelah launching jingle, maskot, dan slogan, agenda dilanjutkan dengan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tuban dalam Pilkada 2020. 

Pengundian nomor urut itu dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) PKPU RI. Hasilnya, KPU menetapkan pasangan Khozanah Hidayati - Muhammad Anwar sebagai nomor urut 1. Pasangan Aditya Halindra Faridzky - Riyadi nomor urut 2, dan pasangan Setiajit - RM. Armaya Mangkunegara mendapatkan nomor urut 3.

"Untuk ketiga paslon ini sudah resmi mendapatkan nomor urut yang nantinya menjadi dasar untuk mencetak surat suara pemilihan," paparnya.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah masa kampanye yang baru dimulai pada 26 September 2020. Kegiatan kampanye diatur dengan regulasi terbaru.

Salah satunya penghapusan metode kampanye yang bersifat mengumpulkan massa. Seperti rapat umum, mengadakan bazar, jalan santai, juga kegiatan-kegiatan yang dapat mengundang banyak orang.

"Yang diatur adalah rapat terbatas, dan dibatasi maksimal 50 orang peserta setiap acara. Untuk metode kampanye dengan rapat umum, bazar, jalan santai sudah dihapus," tegasnya.

Sementara itu, Anggota Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim, Gatot Cahyo Baskoro memberikan, apresiasi kepada KPU Tuban karena tidak ada laporan apapun saat pendaftaran calon yang terkonfirmasi positif covid-19.

"Pelaksanaan Pilkada ini tetap digelar pada 9 Desember 2020 dan sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk adanya Maklumat Kapolri," ujarnya.

Sedangkan, sesuai PKPU terbaru setiap paslon tidak boleh menggelar kegiatan keramaian. Termasuk dalam kegiatan rapat umum, kegiatan kebudayaan, sepeda santai, giat perlombaan maupun kegiatan sosial lainnya.

"Saya minta saat kampaye tidak ada kluster baru dalam pilkada tahun ini," pinta Gogot. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...