Jumat, 18 September 2020 20:44

Beri Solusi Cepat Soal Pupuk di Pasuruan, Kementan Diapresiasi Komisi II

Senin, 14 September 2020 17:45 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fuad
Beri Solusi Cepat Soal Pupuk di Pasuruan, Kementan Diapresiasi Komisi II
Direktur Pupuk dan Pestisida Kementerian Pertanian, Muh. Hatta menyerahkan berita acara kesepakatan penyaluran pupuk secara simbolis kepada Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Joko Cahyono.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pengaduan kelompok tani kepada Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan H. Joko Cahyono soal carut marut Kartu Tani, langsung direspons oleh Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian (Mentan).

Hari ini, Tim Kementerian Pertanian yang terdiri dari Direktur Pupuk dan Pestisida Muh. Hatta beserta jajarannya langsung mengadakan dialog dengan kelompok tani, mantri, PPL, Kepala Dinas Pertanian, dan Pimpinan Cabang BNI Pasuruan di Balai Desa Semut, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Sebelumnya, sejumlah kelompok tani mengeluhkan pengambilan dan penebusan pupuk yang terkendala minimnya Kartu Tani dan mesin EDC dari BNI. Jumlah Kartu Tani yang tersedia tak sesuai dengan jumlah petani.

Kebijakan pun langsung diubah. Saat ini petani bisa menebus pupuk ke kios meskipun tanpa Kartu Tani. Mereka cukup melampirkan rekomendasi dari mantri atau PPL setempat. Dengan didahului bahwa memang petani tersebut telah terdaftar di e-RDKK.

"Kami meminta kepada pihak BNI agar segera melakukan akselerasi perbaikan sistem dan piranti pelaksana Program Kartu Tani ini," kata Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan Joko Cahyono saat mendampingi tim dari Kementerian Pertanian di Desa Semut, Senin (14/9).

Dalam kesempatan ini, Muh. Hatta langsung menginstruksikan distributor dan kios untuk melayani dan menyalurkan pupuk ke petani. Hal ini dituangkan dalam berita acara kesepakatan antara Dirjen Pertanian, Ketua Komisi II, dan Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan.

"Selaku ketua komisi yang membidangi pertanian, kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga atas respons cepat dari pihak Kementerian Pertanian. Sekaligus solusi konkret terhadap permasalahan pupuk di Kabupaten Pasuruan," tutup Joko. (afa/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 10 September 2020 10:51 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Detik-detik dua orang wisatawan sebelum tergulung ombak di Pantai Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar tertangkap kamera. Peristiwa ini menimpa Yoga (21) dan Hendri Wisnu Pratama (18). Dua oran...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...