Selasa, 20 Oktober 2020 18:06

Ijazah Belum Dilegalisir, Syarat Pencalonan Niat dan QA Belum Absah

Minggu, 13 September 2020 17:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Ijazah Belum Dilegalisir, Syarat Pencalonan Niat dan QA Belum Absah
Pasangan Niat (kiri) dan QA ketika mendaftar di KPU Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - KPU Gresik tengah melakukan verifikasi syarat pendaftaran dua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (Niat) dan Moh. Qosim-Asluchul Alif (QA).

Verifikasi dilakukan KPU setelah paslon Niat mendaftar pada Jumat (4/9) lalu, sedangkan paslon QA mendaftar pada hari terakhir, Minggu (6/9). 

Menurut Komisioner KPU Gresik Divisi Teknis Elvita Yuliati, ada beberapa dokumen persyaratan Niat dan QA yang belum absah. Namun, Vety -panggilan akrabnya- masih enggan membeber dokumen persyaratan apa saja yang dianggap belum absah dari kedua paslon.

"Besok (Senin, red) baru kami undang Liaison Officer (LO) tim paslon Niat dan QA untuk memberikan pemberitahun kekurangabsahan sejumlah dokumen persyaratan paslon yang harus dilengkapi," terangnya kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (13/9).

Vety menambahkan, KPU memberikan batas waktu hingga tanggal 16 September bagi kedua paslon untuk melengkapi persyaratan pendaftaran yang belum absah.

Setelah semua persyaratan pencalonan dan calon absah, maka tahapan pilbup berikutnya adalah penertapan dua bakal paslon sebagai peserta Pilbup Gresik 9 Desember 2020. "Penetapan sesuai tahapan pada 23 September," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Gresik Achmad Roni mengungkapkan, baik Niat dan QA telah melengkapi syarat pencalonan dan syarat calon. Namun, Roni mengatakan ada beberapa syarat yang dianggap belum absah dan harus disempurnakan. Ia mencontohkan syarat ijazah.

"Jadi, untuk syarat ijazah, paslon telah menyerahkan saat pendaftaran. Namun belum sempurna lantaran belum dilegalisir. Makanya kami suruh sempurnakan," terangnya. 

"Kalau ada paslon yang tak bisa melengkapi keabsahan syarat pendaftaran hingga batas waktu yang kami tentukan, maka bisa gugur pencalonannya," pungkasnya. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...