Kamis, 03 Desember 2020 14:03

​Covid-19 Terus Merajalela, Kabupaten Probolinggo Kembali Masuk Zona Merah

Jumat, 11 September 2020 19:47 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajuddin
​Covid-19 Terus Merajalela, Kabupaten Probolinggo Kembali Masuk Zona Merah
Peta sebaran Covid-19 di Jawa Timur. (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Probolinggo kembali ditetapkan sebagai zona merah persebaran virus corona, menyusul masih tingginya perkembangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Veronika mengatakan, jumlah pasien Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup tajam beberapa hari belakangan, sehingga Probolinggo ditetapkan zona merah kembali.

"Melonjaknya kasus harian dalam beberapa hari terakhir menyebabkan Kabupaten Probolinggo kembali menjadi zona merah. Penentuan zona tersebut berdasarkan 15 indikator-indikator kesehatan masyarakat yang ditetapkan Satuan Tugas Covid-19 Nasional," katanya, Jumat (11/9/2020).

Menurut Dewi, 15 indikator utama tersebut, yakni terbagi menjadi 11 indikator epidemiologi, 2 indikator surveillance kesehatan masyarakat, dan 2 indikator pelayanan kesehatan.

"Setiap indikator tersebut memiliki skor dan bobot yang kemudian dijumlah dan dikelompokkan menjadi 4 zona, yakni zona merah (risiko tinggi), zona oranye (risiko sedang), zona kuning (risiko rendah), dan zona hijau (risiko terkontrol)," jelasnya.

Dewi menjelaskan, untuk indikator surveillance kesehatan masyarakat didapat positivity rate 16% (target kurang dari 5%), untuk indikator pelayanan kesehatan diukur dari jumlah tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit rujukan yang menampung lebih dari 20% pasien yang positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

"Saat ini keterpakaian tempat tidur isolasi Covid-19 dan ICU terus meningkat. Sebanyak 51% dari total 109 tempat tidur isolasi dan ICU khusus untuk pasien dengan gejala sudah terisi," terangnya.

Selain itu, lanjutnya, tingkat kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Probolinggo terus bertambah. Kasus suspect dan probable meninggal yang harus dimakamkan dengan protokol Covid-19 juga semakin banyak.

"Indikator lainnya adalah masih banyaknya kasus aktif, yaitu orang terkonfirmasi positif yang masih harus menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit," tegasnya.

Lebih lanjut, Dewi menegaskan, Pemkab Probolinggo sudah berusaha menaikkan kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU Covid-19. "Tetapi percuma jika masih banyak pelanggaran terhadap protokol kesehatan, maka tidak akan pernah cukup berapa pun tempat tidur ditambahkan," ujarnya.

"Sahabat sehat, tetap jalankan protokol kesehatan di mana pun dan kapan pun ya! Mari tingkatkan disiplin, saling mengingatkan sesama, saling menjaga, bersama pasti kita bisa putuskan rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo. Jangan lupa tingkatkan imun dan iman, salam sehat," pungkasnya. (ndi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...