Jumat, 27 November 2020 21:33

​Dukung Usulan Kiai Cholil Jadi Pahlawan Nasional, Dewan Apresiasi Gubernur Khofifah

Selasa, 08 September 2020 20:24 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Dukung Usulan Kiai Cholil Jadi Pahlawan Nasional, Dewan Apresiasi Gubernur Khofifah
Ra Nasih Aschal, Anggota Fraksi Nasdem DPRD Jatim Dapil Madura. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Jawa Timur, Ra Nasih Aschal mengaku bersyukur bahwa surat usulan pengajuan gelar kepahlawanan bagi Syaichona Muhammad Cholil (Kiai Cholil) Bangkalan Madura sudah disetujui oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Menurut Politikus Nasdem itu, lewat surat balasan dari Pemprov Jatim menyatakan bahwa Khofifah mendukung usulan gelar pahlawan tersebut.

"Alhamdulillah, melalui Surat Dinsos Kabupaten Bangkalan sudah dijawab gubernur bahwa provinsi mendukung usulan gelar pahlawan," katanya mewakili pihak keluarga, Selasa (8/9/2020).

Ra Nasih mengatakan, setelah ada lampu hijau dari Khofifah, maka Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Kepahlawanan (TP2GK) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bangkalan akan segera melengkapi berkas untuk menyodorkan ke pemerintah pusat. Diharapkan, pada tahun depan, usulan tersebut bisa segera dijawab oleh pemerintah pusat.

"Ditargetkan usulan ini bisa masuk tahun ini dan tahun depan November bisa diterima atau tidak," tambahnya.

Seperti diketahui, TP2GK bersama Pemerintah Kabupaten Bangkalan terus melengkapi berkas pengajuan gelar kepahlawanan bagi Syaichona Muhammad Cholil (Kiai Cholil) Bangkalan, Madura.

TP2GK yang terdiri dari instansi Dinsos, Bakesbangpol, Balitbangda, Dinas Pendidikan, Dinas Perpus dan Arsip, pihak keluarga Syaichona, ahli hukum, dan budayawan terus mengumpulkan data-data kepahlawanan guru pendiri Nahdlatul Ulama, Hadratus Syaikh Hasyim Asy'ari.

Mewakili pihak keluarga dan keturunan Syaichona Cholil, Ra Nasih Aschal mengatakan, berkas dan data yang dihimpun ditargetkan harus rampung sebelum November 2021.

"Karena di tiap bulan November kita memperingati hari pahlawan, kalau tahun ini sudah tidak memungkinkan," tambahnya.

Dikatakan Nasih, Kiai Cholil sangat layak memperoleh gelar pahlawan. Pasalnya, rekam jejaknya dalam memperjuangkan kemerdekaan sangat jelas dan tidak ada yang meragukan. Dia berharap agar pemerintah bisa mengabulkan usulan tersebut, karena akan berdampak luas bagi masyarakat Madura.

"Sejarah perjuangan Syaichona Cholil terekam begitu kuat ketika pergerakan santri beliau mendapatkan gelar pahlawan dan berjasa memperjuangkan kemerdekaan," tandas Anggota DPRD Jatim daerah pemilihan Madura itu.

Dikatakan Anggota Fraksi Nasdem ini, selain Syaichona Cholil, sebenarnya tim TP2GK juga mengusulkan nama Trunojoyo untuk masuk dalam daftar pahlawan nasional. (mdr/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...