Rabu, 02 Desember 2020 04:44

Silaturahim, Kapolda Jatim Harapkan Ulama Autada Jadi Pionir Jatim Bermasker

Selasa, 08 September 2020 18:15 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Andi Sirajudin
Silaturahim, Kapolda Jatim Harapkan Ulama Autada Jadi Pionir Jatim Bermasker
Kapolda Jatim saat bersilaturahim dengan Pengurus Autada. (foto: ist).

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Drs. M. Fadil Imran, M.Si., melakukan kunjungan dan pertemuan khusus dengan seluruh Pengurus Aliansi Ulama Ahlussunnah wal Jamaah Tapal Kuda (Autada) di Ponpes Nurul Qodim Desa Kalikajar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Selasa (8/9/2020).

Acara yang dikemas dengan silaturahim tersebut juga menjadi ajang sosialisasi Kapolda Jatim atas program Jatim Bermasker yang saat ini ditekankan Pemprov Jatim bersama seluruh Forpimda Jatim.

Kapolda Jatim mengatakan, kunjungan dirinya ini sebagai bentuk untuk membangun komunikasi dengan ulama dan umara di Jatim, terutama di wilayah Tapal Kuda.

"Silaturahim ini memang sangat diperlukan untuk membangun komunikasi antara ulama dan umara. Karena apabila ulama dan umara, bersatu maka selesailah urusan di dunia ini," ujarnya.

Tidak hanya itu, Fadil Imran juga menyinggung soal pandemi Covid-19 yang saat ini masih cukup berbahaya. Namun, Fadil juga meminta agar ulama ikut menggelorakan patuh terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, yakni cuci tangan, bermasker, dan physical distancing atau jaga jarak.

"Kami punya program Gerakan Jatim Bermasker yang bertujuan untuk upaya pencegahan atas penyebaran Covid-19 dan program tersebut tidak mungkin akan terwujud tanpa peran serta dari masyarakat, serta memohon kepada para ulama untuk menggelorakan Gerakan Jatim Bermasker," tegasnya.

"Saya harap para ulama, seperti Autada ini menjadi contoh ataupun pionir program Jatim Bermasker," pungkasnya.

Sementara itu, K.H. Fauzi Imron, Penasihat Autada mengatakan jika selama ini pihaknya selalu berkoordinasi baik dengan kepolisian, dan komunikasi tersebut digambarkan dengan Kapolda Jatim meresmikan Kantor Autada pada tahun 2016 lalu.

"Kami juga berharap komunikasi ini tetap terjaga dan semoga musibah Covid-19 ini segera diangkat oleh Allah SWT," terangnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Direktur Intelkam Polda Jatim Kombes Pol. Slamet Hariyadi, S.I.K., M.H., M.M., Kapolres Probolinggo Kota Ambariyadi Wijaya, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Infanteri Imam Wibowo, dan Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono.

Kemudian Ketua MUI Jatim, Penasihat Autada K.H. Ali Badri, Ketua Umum Autada yang juga Pengasuh Ponpes Nurul Qodim K.H. Abdul Jalal, Wakil Ketua Autada K.H. Jaiz Ali Badri, serta seluruh pengurus Autada.

Usai acara silaturahim, kegiatan selanjutnya adalah penyerahan cinderamata dan bantuan sosial dari Kapolda Jatim kepada Ketua Autada, K.H. Hasan Abdul Jalal. (ndi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...