Dinilai Tak Mampu, Modin Sidokerto Sidoarjo Dituntut Warga Mundur

Dinilai Tak Mampu, Modin Sidokerto Sidoarjo Dituntut Warga Mundur Piuluhan warga Desa Sidokerto saat aksi demo (kiri) dan audiensi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Unjuk rasa kembali dilakukan oleh puluhan warga Sidokerto, Buduran, Sidoarjo terkait tuntutan agar Kaur Kesra (Modin) Candra diberhentikan atau mengundurkan diri, Senin (7/9).

Aksi warga itu mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI. Warga yang memenuhi halaman kantor desa, perwakilan dari RW secara bergantian melakukan orasi. Warga juga menaruh keranda yang dibawa masuk ke pendopo kantor desa serta membentangkan spanduk dan poster berisi tuntutan.

Aksi sempat memanas karena Kades Sidokerto Ali Nasikhin tak kunjung menemui para demonstran. Warga meminta agar kades mau keluar menemui warganya. Yang kebetulan di desa tersebut ada orang meninggal dunia, warga yang melayat dan berangkat ke makam, juga dilewatkan depan balai desa.

“Metuo Pak Lurah, aku iki guduk pelayanmu. Aku iki wargamu seng kudu mok layani (Keluarlah Pak Lurah, saya ini bukan pelayanmu. Saya ini wargamu yang harus kamu layani),” teriak salah satu warga dari mobil komando.

Setelah dijemput oleh aparat kepolisian, kades yang sebelumnya menolak untuk bertemu dan hanya meminta agar perwakilan warga masuk, akhirnya mau keluar dan menemui warga. 

Warga menuntut agar ada sikap tegas kades terhadap kaur kesra tersebut karena dinilai tidak sesuai dengan kemampuannya. 

Setelah ditemui, warga pun diajak berembuk di Pendopo Kantor Desa Sidokerto. Beberapa perwakilan warga dipersilakan untuk menyampaikan aspirasinya.

Dalam audiensi tersebut, warga hanya menekankan agar dua tuntutan mereka dipenuhi. Audiensi tersebut didampingi oleh Camat Buduran, Sentot Kunmardianto. Candra selaku yang dituntut warga mundur, pada akhirnya mengutarakan bahwa dirinya siap bila memang dirinya diminta untuk mengundurkan diri dari aparatur Desa Sidokerto. 

“Jika memang demikian keinginan warga, saya akan mengundurkan diri,” ucapnya lirih.

Pernyataan Candra mengundurkan diri itu disambut sorak dan tepuk tangan warga yang menyaksikan dari luar forum audiensi tersebut. Persyaratan administratif terkait pengunduran dirinya seketika juga dibuatkan oleh Pemdes Sidokerto. (sda1/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO