Aktivis Antikorupsi Datangi Mabes Polri, Kabareskrim Tolak Lepaskan BW

Aktivis Antikorupsi Datangi Mabes Polri, Kabareskrim Tolak Lepaskan BW Irjen Budi Waseso. Foto: antara

BangsaOnline) - Wakapolri Komjen Badrodin Haiti berjanji usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo akan membebaskan wakil ketua Bambang Widjojanto setelah diperiksa. Namun pada kenyataannya, janji itu tidak dilaksanakan oleh Kabareskrim Irjen pol .


"Di depan presiden, Plt Kapolri mengatakan saudara Bambang tidak ditahan. Tapi kenyatannya tetap tak bisa pulang malam ini," kata Todung Mulya Lubis, praktisi hukum pendukung .

Todung bicara bersama Imam Prasodjo, Haris Azhar dan tokoh lainnya usai bertemu dengan penyidik Bareskrim Polri di Mabes Polri, Trunojoyo, Jaksel, Jumat (23/1/2015).

Imam menambahkan, seharusnya para penyidik tahu ucapan wakapolri tersebut. Sebab dinyatakan secara terbuka.

"Seharusnya mereka tahu, kan penyidik mendengar sendiri ucapan wakapolri," tegasnya.

Bukan kali ini saja antara Wakapolri dan Kabareskrim 'berbeda' informasi. Pada awal penangkapan, Badrodin sempat membantah, sementara Kadiv Humas Polri dan Bareskrim membenarkannya belakangan.

Menurut Todung, Kabareskrim Irjen mengambil tindakan penahanan pada Wakil Ketua Bambang Widjohanto. Penyidik Kombes Daniel Tifaona mendapat perintah menahan Bambang.

"Setelah saudara Daniel bertemu Kabareskrim, dia mengatakan saudara Bambang tetap ditahan. Surat perintah penahanan dikeluarkan," jelas Todung di Bareskrim Polri, Jumat (23/1/2015) malam. Todung menemui Bambang ditemani Imam Prasodjo serta beberapa anggota koalisi masyarakat sipil.

Menurut Todung, tidak ada alasan hukum Wakil Ketua ditahan. Bambang kooperatif, pejabat , tidak akan mempengaruhi saksi, dan tidak akan lari.

"Tapi penyidik menyampaikan bahwa sangat mungkin Bambang melakukan penghilangan bukti dan ada upaya mempengaruhi saksi," tutur Todung.

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO