Terbaik se-Jawa Timur, Baznas Gresik Terima Penghargaan dari Kemenag Jatim

Terbaik se-Jawa Timur, Baznas Gresik Terima Penghargaan dari Kemenag Jatim Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim bersama para pengurus Baznas Gresik menerima penghargaan dari Kemenag Jatim. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Baznas Kabupaten Gresik kembali menerima penghargaan. Kali ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik menerima penghargaan dari Kemenag Jawa Timur sebagai Baznas Terbaik se-Jawa Timur. Bantuan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim sebagai orang yang telah membesarkan Baznas Gresik.

Mohammad Nur Ibadi, Perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menyerahkan sertifikat penghargaan ini kepada Wabup, didampingi oleh segenap pengurus Baznas Gresik.

Menurut Nur Ibadi, manajemen pengelolaan zakat oleh Baznas di Gresik sangat baik. Baznas Gresik juga berprestasi sesuai syariah, sudah masuk peringkat A, dan patuh pelaporan keuangan sesuai standar.

"Untuk pengelolaan tahun 2019, hanya Baznas Gresik yang menerima penghargaan ini. Kami menilai tidak asal. Selain dari pengumpulan, juga menilai dari sisi pendistribusian serta penilaian persentase pengunaan dana untuk amil. Harus seuai aturan dan syariah," terang Nurhadi.

Nurhadi mengungkapkan, selama 3 tahun terakhir, Baznas Gresik banyak memberikan lompatan-lompatan berkembang kearah kebaikan. Dalam satu semester tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 ini, Baznas melaporkan hasil penerimaan pengumpulan ZIS dan pendistribuasian sebesar Rp 7,2 miliar.

"Ini tak lepas dari peran Bapak Bupati dan Wakil Bupati yang memberikan banyak motivasi pada setiap kesempatan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat semakin sadar zakat. Zakat tidak lagi menjadi paksaan tapi sudah membudaya dan menjadi kebutuhan," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO