Rabu, 28 Oktober 2020 07:26

Cegah Degradasi Nasionalisme, PPM Trenggalek Ajak Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih

Sabtu, 15 Agustus 2020 15:46 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Herman Subagyo
Cegah Degradasi Nasionalisme, PPM Trenggalek Ajak Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih
Foto bersama puluhan anggota PPM sesaat sebelum menggelar Bhakti Sosial PPM 2020. (foto: HERMAN/ BANGSAONLINE)

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Trenggalek mengajak masyarakat untuk memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Ajakan ini diwujudkan oleh PPM Trenggalek dalam sebuah gerakan yang mereka beri nama "Bhakti Sosial PPM 2020". Dalam aksinya, mereka berkeliling seputar Trenggalek dengan membawa ratusan tiang bendera, sekaligus bendera merah putih untuk diberikan secara gratis kepada warga yang belum memasang bendera merah putih di depan rumahnya.

Ketua PPM Kabupaten Trenggalek, Drs. Samsuri menilai, berdasarkan hasil keliling bersama puluhan anggota PPM di seputar Trenggalek, kesadaran masyarakat untuk menghormati jasa para pahlawan masih kurang.

"Kita sangat prihatin 75 tahun negara kita merdeka, tapi masyarakat kita masih banyak yang kurang memiliki kesadaran untuk menghormati jasa para pahlawan dalam bentuk memasang bendera merah putih ini," ujarnya di sela kegiatan baksos PPM di lapangan, Sabtu (15/8/2020).

Oleh karenanya, kata Samsuri lebih lanjut, Bhakti Sosial PPM 2020 yang digelar secara persuasif ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat agar memiliki semangat juang yang diwariskan oleh para pejuang dalam bentuk kegiatan positif.

"Masak kita hanya tinggal menghormati jasanya saja dalam bentuk memasang bendera saja tidak peduli," cetusnya.

Karena itu, ia menyerukan agar masyarakat segera memasang bendera merah putih dengan baik dan benar. "Ukuran bendera yang baik adalah masih layak, artinya warnanya merah putih dan tidak kusam. Kemudian untuk tiang bendera, diharapkan yang memiliki ukuran 3 hingga 3,5 meter dan dipasang di pintu gerbang rumah sebelah kanan," imbaunya.

"Kami Pemuda Panca Marga, untuk masyarakat yang sibuk, tidak sempat pasang (bendera merah putih) siap membantu untuk memasang," tegasnya.

"Di usianya yang ke-75 tahun bagi Republik Indonesia saat ini jangan sampai terjadi degradasi nasionalisme di tengah masyarakat. Kalau ini dibiarkan terus nanti mungkin bendera merah putih ini sudah tidak menarik lagi bagi bangsa kita. Kalau kita sudah tidak mau menghormati bendera kita, ya siapa yang akan menghormati," tukasnya. (man/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...