Mentan: Blitar Bisa Jadi Pionir Daerah Multi Komoditi Pertanian Nasional

Mentan: Blitar Bisa Jadi Pionir Daerah Multi Komoditi Pertanian Nasional Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut Kabupaten bisa menjadi pionir daerah multi komoditi serta menyangga kepentingan hasil komoditas pertanian nasional. Hal ini diungkapkan Yasin saat menghadiri tanam jagung di hutan Maliran, Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kamis (13/8/2020) sore.

"Lahan pertanian dan peternakan utamanya telur, bisa berkontribusi lebih maksimal dalam suasana Covid-19. tentu saja bisa menjadi pionir multi komoditi dari satu kabupaten yang bukan hanya untuk daerah , saja namun bisa secara nasional," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Salah satunya seperti jagung yang ditanam Yasin bersama Bupati dan Forkopimda. Hasilnya dipersiapkan untuk mem-backup peternakan. Yakni diolah menjadi pakan ternak lebih banyak.

"Telur yang dihasilkan tidak hanya sebuah telur, tapi menjadi industri-industri tambahan agar harga telur pada saatnya tidak naik turun secara drastis," terangnya.

Dia mengatakan di era seperti ini menuntut sesuatu yang tidak sama seperti tantangan sebelumnya. Masa pandemi Covid-19 merupakan krisis multi dimensi. Untuk itu diperlukan tanggung jawab yang besar membawa bangsa Indonesia menghadapi Covid-19. Utamanya di sektor ketahanan pangan.

"Sektor pertanian dibutuhkan di manapun, jadi saya berharap para petani dan peternak terus semangat. Ini saatnya kita bangkit. Saya bersyukur bisa ke untuk menanam jagung bersama dalam rangka menyiapkan ketahanan pangan. Tidak hanya untuk , tapi untuk Indonesia. ini menurut saya sangat subur dan bagus. Ini kekayaan luar biasa. Saya tahu betul kekayaan desa karena saya pernah jadi kepala desa," terangnya.

Sementara Bupati , Rijanto mengaku motivasi dan semangat yang diberikan Mentan cukup strategis untuk meningkatkan kualitas produk pertanian serta peningkatan ketahanan pangan. "Kami akan menindaklanjuti motivasi dan semangat yang diberikan Pak Yasin untuk peningkatan kualitas pertanian, peternakan, dan peningkatan ketahanan pangan," pungkas Bupati. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO