Sabtu, 26 September 2020 10:24

Disparbud Lamongan Gelar Konservasi Koleksi Museum Sunan Drajat

Rabu, 12 Agustus 2020 20:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Triwi Yoga Margiono
Disparbud Lamongan Gelar Konservasi Koleksi Museum Sunan Drajat
Proses konservasi yang dilakukan Disparbud dan BPCB Jatim. foto: TRIWI YOGA/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lamongan melakukan konservasi terhadap benda-benda kuno koleksi museum Sunan Drajat.

Proses konservasi yang bertujuan untuk menjaga keawetan benda bersejarah itu dilakukan Disparbud dengan menggandeng Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Arkeolog BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, bahan-bahan yang digunakan dalam konservasi benda-benda tua tersebut tanpa menggunakan bahan kimia, melainkan bahan-bahan organik.

"Kita konservasi pakai larutan organik supaya nggak rusak. Seperti yang berbahan kayu kita cenderung pakai larutan organik dari pada larutan kimia," kata Wicak, Rabu (12/8/2020).

Tetapi, dari sekian banyak koleksi yang dimiliki Museum Sunan Drajat, tidak semuanya bisa dilakukan konservasi, seperti koleksi kitab dan naskah lontar.

"Kita nggak berani konservasi dulu, karena butuh treatment khusus untuk kertas begini. Butuh kita ukur kelembapannya berapa, sudah ideal atau belum tempat penyimpanannya," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Kabupaten Lamongan Mifta Alamudin menyampaikan, dari 26 benda-benda yang sudah dikonservasi, semuanya terlihat lebih bersih dan terawat. Untuk tetap menjaga dan mempertahakan kondisi koleksi yang sudah dikonservasi, pihak Disparbud akan melakukan perawatan secara teratur.

"Dengan menjaga kebersihan koleksi dan lingkungannya, diharapkan benda-benda bersejarah di museum ini tetap lestari lalu terhindar dari kerusakan yang dapat mengurangi nilai pentingnya," harapnya. (lmg1/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...