Sabtu, 19 September 2020 19:59

KPU Gresik Hanya Menerima Rekom DPP Bermaterai di Pendaftaran Pilkada 2020

Rabu, 12 Agustus 2020 11:15 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
KPU Gresik Hanya Menerima Rekom DPP Bermaterai di Pendaftaran Pilkada 2020
Ketua KPU Gresik Achmad Roni.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Rekomendasi DPP Partai Politik (Parpol) menjadi pegangan para bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) sebagai tiket untuk bisa maju pada Pilbup Gresik 2020.

Sejauh ini, dari 8 parpol pemilik kursi di DPRD Gresik, baru 7 parpol yang sudah menurunkan turun. Yaitu, DPP PKB dengan 13 kursi di DPRD Gresik, dan DPP Gerindra dengan 8 kursi yang merekom duet Moh. Qosim-Asluchul Alif (QA).

Sementara DPP Golkar dengan 8 kursi, PDIP 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, dan PAN 3 kursi telah merekom pasangan Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (Niat).

Sedangkan, DPP PPP dengan 3 kursi, hingga sekarang belum menerbitkan rekom.

Dengan rekom yang sudah dikantongi, baik QA maupun Niat bisa mendaftar di KPU Gresik pada 4-6 September sebagai paslon peserta Pilkada Gresik 2020.

Lalu rekom DPP seperti apa yang bisa diterima KPU sebagai syarat legal pendaftaran seperti yang diamanatkan perundang-undangan?

Ketua KPU Gresik Achmad Roni mengungkapkan, bahwa mangacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor: 1 Tahun 2020 tentang Pencalonan, syarat berupa surat persetujuan (rekomendasi) partai kepada paslon harus dikeluarkan oleh DPP.

"Jadi, Surat Persetujuan (rekomendasi) DPP untuk paslon yang bakal diusung pada Pilkada serentak 2020, baik tingkat Provinsi, dan Kabupaten/Kota dikeluarkan oleh DPP Parpol," tegas Roni kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (12/8).

"Jadi, rekom atau persetujuan DPP Parpol yang kami terima sesuai dengan formulir Model B.1-KWK Parpol," terang Roni.

Lanjut Roni, rekom persetujuan DPP Parpol mengacu ketentuan PKPU 1/2020 juga harus ditandatangani langsung oleh Ketua Umum (Ketum) atau sebutan lain, dan Sekretaris Jenderal (Sekjend) atau sebutan lain DPP Parpol.

Tidak cukup di situ, tambah Roni, tanda tangan Ketum DPP dalam rekom paslon tersebut harus bermaterai. "Surat persetujuan DPP untuk rekom paslon yang kami terima yang tanda tangan Ketum DPP di atas materai," terangnya.

"Surat persetujuan juga harus bercap atau stempel DPP parpol, posisinya di tengah antara tanda tangan ketua umum dan sekjend DPP Parpol," pungkasnya. (hud/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...